Selasa 23 May 2017 11:15 WIB

Fakta Menarik yang Anda Harus Tahu tentang Penyu

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Seekor penyu jenis lekang (Lepidochelys olivacea) kembali ke laut setelah bertelur di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.
Foto: Antara
Seekor penyu jenis lekang (Lepidochelys olivacea) kembali ke laut setelah bertelur di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda bahwa hari ini, 23 Mei 2017, diperingati sebagai Hari Penyu Dunia? Hari pengingat mengenai spesies yang status konservasinya terancam tersebut ditetapkan oleh American Tortoise Rescue sejak 2000 silam.

Hari khusus itu bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai penyu, serta mengajak masyarakat untuk membantu fauna tersebut bertahan hidup dan berkembang. Berikut fakta menarik soal penyu yang menarik diketahui, dikutip dari laman Care2.

Bisa mencapai ratusan tahun

Penyu mendiami semua benua kecuali Antartika, dengan usia terpanjangnya mencapai 188 tahun. Sementara, fosil penyu tertua ditemukan sekitar 220 juta tahun yang lalu.

Suhu pengaruhi jenis kelamin

Suhu sarang di atas 29 derajat Celsius cenderung menghasilkan lebih banyak penyu betina. Hebatnya, saat penyu betina siap bertelur, mereka menempuh perjalanan jauh ke pantai yang sama dimana mereka dilahirkan.

Perlu dilestarikan

Populasi global penyu terus menurun karena penyelundupan, perubahan iklim, perusakan habitat, industri makanan eksotis, dan perdagangan hewan peliharaan. Sejumlah konservasi alam berjuang bersama melindungi habitat delapan spesies penyu yang berisiko.

Cangkang istimewa

Cangkang penyu memiliki saraf dan suplai darah, menjadikannya bagian aktif dari tubuh. Cangkang tersebut adalah tulang rusuk yang berubah dan terdiri dari 50 tulang berlapis yang berbeda.

Spesies unik

Spesies penyu terbesar di dunia bisa mencapai berat sampai 680 kilogram. Ada juga eastern musk turtle yang melepaskan bau seperti sigung saat terancam dan penyu air tawar eastern snapping turtle yang merendam tubuh sangat lama sampai alga tumbuh di cangkangnya.

Diperingati di berbagai negara

Hari penyu sedunia dirayakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Dubai, Uni Emirat Arab. Dubai Turtle Rehabilitation Project (DTRP) yang didirikan pada 2004 sejauh ini telah merehabilitasi dan melepasliarkan 1.175 penyu ke Teluk Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement