Senin 15 May 2017 08:10 WIB

ICT Hadirkan Inovasi Teknologi Bagi Industri Perhotelan

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Hotel di Bali (Ilustrasi)
Foto: Tripadvisor
Hotel di Bali (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu perusahaan Information and Communication Technology (ICT), Alcatel-Lucent Enterprise (ALE), menghadirkan solusi yang dirancang khusus bagi industri perhotelan untuk dapat terus berkompetisi di era digital. Melalui solusi ini, para tamu secara personal dapat menikmati berbagai layanan yang terintegrasi, melalui berbagai channel yang tersedia sesuai dengan kebutuhannya.

 

Pemerintah Indonesia menargetkan industri pariwista untuk mencapai 20 juta wisatawan asing pada tahun 2019. Berdasarkan data Indonesia Hotel Watch (IHW) 2016, Bali memiliki tingkat hunian hotel yang signifikan, dimana saat ini jumlah kamar telah mencapai 20.810 diikuti dengan tingkat okupansi sebesar 18.67 per sepuluh ribu wisatawan.

Pertumbuhan tersebut diproyeksikan akan terus meningkat berdasarkan kebutuhan konsumen. Hal ini merupakan peluang bagi industri perhotelan untuk dapat terus berkompetisi, dengan menghadirkan pengalaman personal dan istimewa sesuai dengan kebutuhan para tamu melalui teknologi informasi. 

Country Manager Alcatel Lucent Enterprise Indonesia, Adios Purnama, mengatakan peranan teknologi informasi dalam membangun strategi digital tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan bagi para tamu, namun juga dapat mengendalikan biaya operasional. ALE tidak hanya memberikan solusi melalui inovasi produknya, namun juga memberikan kesempatan bagi industri perhotelan untuk terus berkembang dengan mengoptimalkan manfaat dari teknologi informasi agar lebih kompetitif di era digital.

"Transformasi digital dalam industri perhotelan bukan merupakan pilihan lagi, tetapi merupakan keharusan yang dapat membantu industri ini menjadi kompetitif di era digital, baik untuk mengoptimalkan operasional maupun untuk meningkatkan loyalitas tamu. Solusi yang kami tawarkan dalam mewujudkan transformasi digital di industri perhotelan dirancang khusus untuk industri ini dan juga disesuaikan dengan prilaku konsumen di era digital," ujarnya di Jakarta.

 

Solusi teknologi end to end terintegrasi yang ditawarkan oleh Alcatel-Lucent Enterprise bagi para tamu di industri perhotelan adalah sebagai berikut:

Mobile Guest Softphone. Solusi untuk perangkat mobile yang dirancang khusus bagi industri perhotelan dan wisata, memungkinkan para tamu untuk menggunakan perangkat mobile mereka sendiri guna mengakses layanan hotel dan mendapatkan keuntungan layanan telepon gratis dalam jaringan nirkabel hotel.

Smart Guest Application Suite. Memungkinkan para tamu untuk mengendalikan fasilitas yang tersedia di kamar melalui smart deskphone sehingga mereka dapat mengatur pencahayaan dan suhu kamar, melakukan tur hotel digital dan mengakses layanan hotel, mengatur wake-up call, memasang tanda untuk tidak diganggu, memesan layanan kamar, dan banyak lainnya.

Smart Desk-Phone. Kemudian memungkinkan hotel untuk melakukan personalisasi ketika menyambut tamu dengan menampilkan pesan yang telah dibuat sebelumnya, dilengkapi dengan 29 bahasa, menampilkan citra hotel secara konsisten pada screensaver dan background pada layar yang telah disesuaikan, serta wide-band audio. Para tamu dapat menggunakan perangkat tersebut untuk mendengarkan konten musik milik mereka sendiri atau melalui televisi yang ada di kamar.

Emergency Notification Service. Aplikasi perangkat lunak terpusat, berfungsi untuk menangani panggilan darurat, deteksi dan lokalisasi panggilan darurat, peringatan keamanan di tempat dan menghubungi pusat layanan keselamatan masyarakat.

Reservation or Service Centers Multi-channel. Menangani interaksi multi-channel para tamu, yang didukung dengan rekaman percakapan dan layar, serta panduan pemakaian.

Powerful wireless coverage. Internet nirkabel di hotel melalui access point yang memberikan cakupan luas dan kuat di semua kamar, area dalam ruangan maupun luar ruang seperti di kolam renang, taman dan lainnya.

Complete front-desk and back-office services.  Didukung oleh solusi komunikasi yang unik, dengan pesan suara dan panggilan, yang terintegrasi dengan Property Management Systems terbaik di kelasnya (Micros Fidelio, GT2F GT HOSP, dan Aurenz).

Rainbow. Membuat koneksi langsung antara tamu dengan staff layanan kamar sehingga meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar melalui fitur-fitur komunikasi (audio, video, pesan, dll).

Seluruh teknologi ini didukung oleh jaringan yang terintegrasi dan dirancang dengan bandwidth optimal bagi semua perangkat mobile, mendukung lalu-lintas data perangkat front desk dan back-office serta jaringan pengawasan keamanan atau video. Baik teknologinya diinstal dalam hotel maupun menggunakan model lisensi dalam komputasi awan.

"Sederet layanan teknologi yang dihadirkan oleh ALE mengutamakan kebutuhan dari tamu hotel, memahami karakter konsumen dan mengoptimalkan kegiatan operasional untuk meningkatkan efisiensi kerja, merupakan keuntungan utama dari layanan tersebut," jelas dia.

Ke depan, pihaknya percaya bahwa inovasi memungkinkan berkembangnya suatu organisasi. Rekam jejaknya dalam menghadirkan berbagai inovasi, memberikan nilai lebih bagi para pelanggan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus efisiensi kinerja operasional.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi dengan vertical approach solutions, dimana solusi dirancang khusus berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing industri," tambah Vice President Global & Vertical Accounts Alcatel-Lucent Enterprise, Derrick Lee.

Keahlian ALE di industri perhotelan dibuktikan dengan daftar panjang pelanggan dari industri ini, yaitu Accor Hotel, Shangri-La, Four Seasons, Club Med, Dorchester Collection (Beverly Hotel dan Hotel Bel Air), Hotel Melia Spanyol, Intercontinental Hotel Group, RIU Hotels and Resorts, Royal Caribbean Cruise Line, Norwegian Cruise Line dan Emirates hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement