Sabtu 06 May 2017 13:17 WIB

Google Tambahkan Keamanan Serangan Phising untuk Gmail Android

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Gmail.
Foto: Google
Gmail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kini Google telah menambahkan keamanan anti-phishing pada aplikasi Gmail untuk Android, perusahaan tersebut mengumumkan pada awal pekan. Mulai sekarang, aplikasi Gmail akan memberi Anda peringatan tambahan, saat mengeklik tautan mencurigakan di email.

"Situs yang ingin Anda kunjungi telah diidentifikasi sebagai pemalsuan, dimaksudkan untuk menipu Anda agar mengungkapkan informasi keuangan, pribadi atau informasi sensitif lainnya," tulis teks peringatan, dilansir dari laman Mashable Sabtu (6/5).

Fitur baru ini akan secara bertahap diluncurkan ke semua pengguna Gmail selama beberapa hari berikutnya. Ini akan datang segera setelah serangan phishing yang meluas, yang meniru layanan Google pada sejumlah besar pengguna.

Namun, tidak jelas apakah pemeriksaan keamanan Gmail baru akan menghentikan serangan tertentu, yang menggunakan aplikasi Google Documents palsu yang benar-benar berada di domain web Google. Bagaimanapun Google, telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi penipuan phishing dengan menghapus halaman palsu, menonaktifkan akun, dan menambahkan langkah-langkah untuk mencegah serangan sejenis terjadi lagi.

Akan tetapi, serangan phishing saat ini menjadi lebih canggih. Serangan tersebut semakin sulit dikenali, bahkan bagi pengguna berpengalaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement