Sabtu 15 Apr 2017 21:16 WIB

Alat Ini Diklaim Bisa Menilai Kualitas Foto

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Everypixel Aesthetics
Foto: Digitaltrends
Everypixel Aesthetics

REPUBLIKA.CO.ID, Kecerdasan buatan kini dapat menilai foto atau setidaknya memberi kemungkinan jawaban apakah foto itu mengagumkan atau tidak. Everypixel Aesthetics merancang sistem jaringan baru Algoritma untuk melakukan penambahan (tag) otomatis dan menjawab apakah foto ini adalah satu foto yang bagus.

Dikutip dari laman Digital Trends, alat ini berasal dari Everypixel yang menciptakan alat pencarian yang menelusuri beberapa platform sekaligus. Alat Aesthetics ini masih dalam tahap pengujian, penggunanya bisa mengunggah sebuah foto dan mendapatkan daftar otomatis yang dihasilkan dari tag, serta persentase untuk mengetahui apakah foto ini mengagumkan.

Menurut pengembang alat ini, jaringan sistem ini dilatih untuk melihat foto sama seperti yang editor foto manusia lakukan, melihat faktor-faktor seperti warna, ketajaman, dan subyek. Sistem ini dihasilkan dengan memungkinkan komputer untuk belajar dari dataset pelatihan dengan 946.894 foto.

Sistem ini juga dirancang untuk membantu menentukan foto terbaik. Tetapi seberapa akurat? pengguna awal melaporkan, sistem ini tampaknya cukup baik mengenali apakah foto ini tajam dan komposisinya menarik, tetapi hasilnya pasti jauh berbeda dengan mata manusia.

Salah satu pengguna mencoret-coret sapuan kuas hitam pada kanvas putih masih mendapatkan rating lebih dari 70 persen. Sebenarnya program atau sistem seperti ini bukanlah yang pertama. Dreamstime baru-baru ini mulai menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu editor foto mempercepat proses persetujuan.

Namun hasil setiap foto mungkin tidak akurat dan menyebutnya 'mengagumkan', alat penandaan otomatis mungkin berguna, menghasilkan daftar kunci dari pengenalan obyek mengenai hal yang kurang konkret seperti cinta, kebahagiaan, kerja tim. Mengklik kata kunci akan memunculkan pencarian Everypixel pada foto lain dengan penanda yang sama atau pengguna dapat menyalin dan menempel daftar kata kunci. Alat ini mungkin mungkin memiliki kekurangan atau kecacatan tetapi gratis unuk mengunggah foto dan melihat alat ini bekerja untuk Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement