Jumat 14 Apr 2017 09:33 WIB

Tesla Tunjukkan Panel Surya yang Baru tak akan Memperburuk Atap

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Tesla Tunjukkan Panel Surya yang Baru tak akan Memperburuk Atap.
Foto: Mashable
Tesla Tunjukkan Panel Surya yang Baru tak akan Memperburuk Atap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Tesla ingin Anda untuk memiliki atap baru yang berfungsi sebagai salah satu panel surya. CEO Tesla Elon Musk, memperkenalkan atap rumah Tesla yang mampu menghasilkan energi listrik yang bersumber dari cahaya matahari.

Tapi jika untuk beberapa alasan Anda tidak dapat menggunakannya, perusahaan kini menawarkan alternatif panel surya tradisional yang dipasang di atap yang ada. Dikutip dari laman Mashable, perusahaan ini diam-diam meluncurkan panel "Energi" di situsnya, seperti yang diperhatikan oleh Electrek.

Tentu saja, itu bukan produk Tesla jika tidak sedikit berbeda dari kompetitornya. Dalam hal ini, panel memiliki "desain ramping" dengan "tidak ada perangkat keras yang terlihat saat pemasangan."

Jika Anda ingat presentasi Elon Musk mengenai atap surya dari perusahaan ini pada Oktober 2016, ia mengklaim bahwa panel surya yang tidak enak dilihat atau dipandang adalah alasan besar mengapa beberapa pemilik rumah tidak ingin menggunakannya. Panel surya baru mungkin tidak sebaik atap surya secara keseluruhan, tetapi mereka terlihat cukup mewah.

Selain itu, ada sedikit rincian tentang panel di situs Tesla, kecuali bahwa mereka menawarkan integrasi dengan baterai dari perusahaan, Powerwall. Namun, Electrek telah mempelajari beberapa berita tentang produk baru.

Panel dibuat secara eksklusif oleh Panasonic, akan masuk ke produksi di pabrik Tesla dua musim panas ini. Modul-modul 325 W, Tesla mengatakan di situsnya, "melampaui standar industri untuk daya tahan dan umur."

Beberapa pekan yang lalu, Musk mengumumkan bahwa perusahaan genteng surya akan tersedia untuk pemesanan pembelian pada bulan April, meskipun belum ditentukan tanggalnya. Tidak ada kata-kata lain pada ketersediaan panel surya baru, namun Anda dapat meminta kutipan kustom dari Tesla sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement