Rabu 12 Apr 2017 11:16 WIB

Microsoft Teams Resmi Diluncurkan

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri
Davina Yeo, Chief Operating Microsoft
Foto: Republika/Reja Irfa Widodo
Davina Yeo, Chief Operating Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft secara resmi meluncurkan Microsoft Teams, Selasa (11/4). Microsoft Teams merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi Office yang berbasis pada Office 365 dan jaringan cloud global Microsoft. Software workspace berbasis chat ini dapat menyatukan orang, percakapan, dan konten dengan perangkat yang dibutuhkan dalam sebuah tim.

Kehadiran Microsoft Team ini dianggap dapat menjembatani kolaborasi antara rekan kerja, terutama yang bekerja dalam satu tim dan terlibat dalam suatu proyek. Tidak hanya itu, software ini juga seolah menjadi jawaban terhadap adanya transformasi digital pada saat ini, yang ditandai dengan adanya perubahan cara kerja karyawan,

Salah satu perubahan tersebut antara lain, karyawan tidak lagi melakukan pekerjaan di kantor, tapi dimana saja dan kapan saja, dan tetap terhubung lewat perangkat mobile, seperti smartphone, tab, ataupun PC. Hal ini sejalan dengan salah satu temuan studi Microsoft Asia Workspace 2020, yang menyebut 85 persen responden mengaku menghabiskan setidaknya 20 persen waktu mereka bekerja dari luar kantor.

Studi yang dilakukan dari Februari hingga Maret 2017 ini melibatkan 4.175 responden di 14 negara Asia, termasuk 312 responden dari Indonesia. Menurut Business Group Head Windows Microsoft Indonesia, Lucky Gani, Microsoft Team juga akan memudahkan untuk menghubungkan para pekerja. ''Tampilannya cukup simpel dan mudah diadaptasi,'' ujar Lucky saat acara peluncuran Microsoft Teams di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Lebih lanjut, Lucky menjelaskan, Microsoft Team telah mengintegrasikan semua aplikasi dan layanan Office, seperti Word, Excel, Powerpoint, Sharepoint, One Note, dan PowerBI. Sehingga, semua orang dalam tim memiliki informasi, data, dan perangkat yang mereka butuhkan. Selain itu, Microsoft Teams juga terintegrasi dengan percakapan, baik lewat suara ataupun video. ''Pengguna nantinya bisa melakukan rapat secara online,'' tutur Lucky.

Sementara untuk aspek keamanan data, Lucky menyebutkan, Microsoft telah menjamin keamanan dengan standar yang tinggi, yaitu enterprise grade cloud Office 365, dan mendukung standar global termasuk SOC 1, SOC 2, EU Model Clauses, ISO27001, dan HIPAA. Aplikasi Microsoft Teams ini tersedia untuk pelanggan Office 365 Business dan Enterprise. Tidak hanya melalui web, Microsoft Teams juga tersedia dalam aplikasi Windows, Mac, Android, dan iOS.

Secara global, pelanggan di dunia telah menggunakan Microsoft Teams untuk mempermudah kolaborasi dalam organisasi mereka. Sejak mengumumkan preview pada November tahun lalu, sudah ada 50 ribu perusahaan telah menggunakan Microsoft Teams, seperti Alaska Airlines, ConocoPhillips, Deloitte, Expedia, J.B Hunt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement