Sabtu 01 Apr 2017 08:14 WIB

Inilah Teknologi Smartphone Selfie Ala LG

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Ponsel LG.
Foto: Dok: LG
Ponsel LG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - LG Mobile Communications Indonesia (LG) meluncurkan produk smartphone bagi penyuka foto swa (selfie) di Indonesia. Smartphone yang menyasar kelas menengah ini mengusung inovasi lebarnya bidang tangkap dari lensa kamera depan (wide angle selfie camera) yang mencapai 120 derajat.

Pabrikan asal Korea Selatan merilis smartphone LG K10 2017 bagi pasar Indonesia. Head of LG Mo-bile Communications Indonesia, Heegyun Jang, mengatakan smartphone LG memiliki kemampuan kamera depan memiliki bentang tangkap lebar (wide angle selfie camera).

"Sebelumnya, kami mengeluarkan LG V20 sebagai smartphone premium LG yang dikenalkan akhir tahun lalu pun tercatat sebagai smartphone pertama yang menawarkan kamera depan dengan lebar bidang tangkap yang bahkan mencapai 135 derajat. Kemampuan yang kemudian didapati pula pada beberapa pabrikan," ujarnya di Jakarta. Sesuai dengan namanya, kemampuan wide angle selfie camera merujuk pada kelua-san bentang tangkap hasil foto yang dilakukan dari kamera depan.

Jamaknya, kamera depan sebuah smartphone memiliki bentang tangkap antara 75-80 derajat. Dengan bentang tangkap lebih lebar, pengguna tak saja mendapat kemudahan namun juga lebih dapat berkreasi dengan selfie.

Sementara kamera depan dengan bentang lensa normal tak lagi cukup menjawab kebutuhan selfie untuk mengabadikan momen berharga dalam hidup penggunanya. Momen perayaan kelulusan, pesta pernikahan maupun saat berkumpul dengan banyak anggota keluarga akan sulit diabadikan dengan kamera depan berlensa normal.

Di sisi lain, bentang lebar lensa kamera depan smartphone bakal sangat berguna untuk menangkap lebih utuh pemandangan indah yang menjadi latar belakang selfie. Hal yang membuat hasil foto dapat memberikan cerita lebih utuh dan menarik untuk dibagikan.

Namun demikian, menurut Heegyun Jang, tetap saja kesenangan ini hanya terbatas menjadi milik smartphone kelas tertentu. Sementara melalui LG K10 2017, menurut-nya, LG membawa teknologi wide angle selfie camera untuk dinikmati publik yang lebih luas dan menjadikannya tren baru dalam smartphone selfie. "Menciptakan tren bukan hanya menghadirkan inovasi baru, namun pula menyediakannya dengan harga lebih terjangkau bagi publik yang lebih luas," ujar Heegyun Jang.

Kesenangan visual yang dihasilkan wide angle selfie camera pada LG K10 2017 pun semakin lengkap dengan diimbangi kemudahan dalam pengambilan fotonya. Dengan pertimbangan mengurangi potensi distorsi yang muncul akibat goyahnya tangan saat menekan shutter, LG K10 2017 meninggalkan penggunaan tombol disamping maupun tombol virtual pada layar.

Sebagai gantinya, LG memanfaatkan fingerprint sensor yang terletak di bagian belakang bodi LG K10 2017. Alasannya, letak fingerprint sensor ini menjadi letak alami posisi jari telunjuk saat memegang smartphone untuk kepentingan selfie. Cukup dengan dua ketukan jari, akan menjadi perintah bagi LG K10 2017 untuk melakukan pengambilan foto mode selfie.

Selain untuk kemudahan pengambilan foto dengan kamera depan, bidang fingerprint sensor ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan screenshot. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan satu ketukan jari dengan posisi akhir menempelkannya pada bidang fingerprint sensor. "LG K10 2017 sekaligus menjadi contoh pengoptimalan fingerprint sensor. Bukan semata kepentingan keamanan, namun pula dapat digunakan bagi kepentingan lain," ujar Heegyun Jang.

Bicara LG K10 2017 tak melulu tentang fitur wide angle selfie camera. Lebih dari itu, LG K10 2017 juga menawarkan kesenangan dan kinerja pada tingkat yang sama tingginya. Hal ini karena LG bakal sejak awal telah membekali LG K10 2017 dengan sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat. "Dengan sejak awal mengadopsi sistem operasi Android terkini, menegaskan sejak awal pula produk tersebut memang dirancang untuk memberi kenyamanan dari berbagai pembaruan bagi kenyamanan dan produktivitasnya," ujar Heegyun Jang lagi.

Menurutnya, selalu mengadopsi sistem operasi Android terkini di setiap peluncuran smartphone terbarunya telah menjadi komitmen LG. Perlakuan ini, katanya lagi, tak hanya bagi kelas premium namun pula bagi smartphone yang menyasar publik lebih luas.

Baca juga: LG Resmi Keluarkan Smartphone Berbasis 'Selfie'

Berbekal Android 7.0 Nougat, pengguna LG K10 2017 bakal menikmati produktivitas melalui pembaruan multi-window ataupun direct reply yang membuat dapat langsung membalas notifikasi tanpa harus membuka aplikasi asal. Selain peningkatan keamanan, sistem operasi Android terbaru ini juga menawarkan personalitas lebih yang dian-taranya hadir dengan banyaknya emoji untuk mengungkapkan ekspresi. Padunya kemampuan wide angle selfie camera dengan sistem operasi Android terkini menjadi bekal LG K10 2017 memberikan kesenangan sekaligus kinerja mumpuni untuk berk-ompetisi," ujar Hee Gyun Jang

Lebih lanjut ia menyatakan, LG K10 2017 akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan keemasan. Smartphone ini dikatakan bakal tersedia mulai pekan ini dengan tingkat harga Rp 2,749,000. Mendampingi langkah LG K10 2017, LG juga memperkenalkan LG K8 2017 dan LG Sty-lus 3. LG K8 2017 sendiri hadir sebagai pilihan yang lebih terjangkau bagi peminat smartphone selfie dengan bentang wide angle.

Sementara menjadi penerus generasi sebelumnya, LG Stylus 3 membawa peningkatan kenyamanan penulisan memo dengan penggunaan pena stylus lewat ujung pena stylus berdiameter 1,8mm yang memberikan presisi lebih baik mendekati pena. Tak cuma itu, LG pun membenamkan teknologi yang memungkinkan layar membedakan sentuhan pena stylus dari sentuhan kulit penggunanya. Teknologi ini membuat pengguna dapat dengan lebih leluasa menyandarkan tangan pada layar saat menuliskan memo dengan pena stylus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement