REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil penelitian TotallyAwesome pada 2016-2017 menunjukkan bahwa, integrasi platform menjadi media yang ideal bagi sebuah produk untuk menjangkau dan berinteraksi dengan anak-anak. Tren menggunakan internet di kalangan anak-anak Asia Tenggara telah melampaui TV, dengan durasi 24 menit lebih lama dibanding TV, setiap harinya. Pilihan untuk menggunakan internet juga tumbuh 11 persen dari tahun sebelumnya, dengan 77 persen anak-anak lebih memilih internet dibandingkan TV.
CEO TotallyAwesome Quan Nguyen mengatakan, penggunaan media mobile dan internet semakin merajai perilaku konsumsi digital anak-anak di Asia Tenggara. Tren ini semakin membuka peluang bagi brand anak-anak untuk memasarkan produk mereka lewat media digital.
"Seiring dengan konsumsi media mobile dan online yang semakin berkembang di kalangan anak-anak Asia Tenggara, menjadi masukan yang penting bagi brand untuk strategi kampanye produk yang efektif," ujar CEO TotallyAwesome Quan Nguyen dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (31/3).
TotallyAwesome merupakan platform digital dan konten terbesar di Asia Tenggara untuk anak-anak dan keluarga.
Sejak 2015, TotallyAwesome telah mengamati perilaku konsumsi media di kalangan anak-anak dari berbagai negara, kemudian membandingkan akses internet dan mobile, penggunaan dan pilihan menggunakan internet dibandingkan TV. Studi juga mengamati bagaimana perilaku ini terus berubah dari waktu ke waktu, dalam berbagai kategori usia.
Untuk pertama kalinya, TotallyAwesome juga menemukan bagaimana pengaruh anak-anak dalam penentuan keputusan orang tua untuk membeli barang. Lebih dari setengah orang tua yang menerima survei, mengaku bahwa mereka membeli barang yang diminta anak-anak mereka sesaat setelah melihat iklan produk tersebut di media online.
Hasil studi TotallyAwesome juga menunjukkan bahwa setiap harinya anak-anak di Asia Tenggara menghabiskan waktu lebih banyak di media online daripada TV. Penemuan penting lainnya adalah dengan semakin bertambahnya usia, iklan di media online semakin memegang peranan penting bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi terbaru. Dari segi perangkat, anak-anak lebih sering menggunakan smartphone dan TV, dibandingkan perangkat lainnya. Anak-anak juga punya akses yang lebih mudah terhadap smartphone dibandingkan TV.
Quan mengatakan, sudah waktunya brand harus mempertimbangkan pengaruh anak-anak sebagai pengambil keputusan dalam sebuah keluarga terkait hal konsumsi barang. Brand juga perlu menyadari pentingnya menjangkau dan berinteraksi dengan anak-anak secara konsisten, dalam bentuk digital. Semakin besar usia anak-anak, pengaruh ini semakin kuat.
"Dengan kata lain, di Asia Tenggara, media mobile memegang peranan yang semakin penting untuk bisa berinteraksi terhadap anak-anak," kata Quan.
Data TotallyAwesome menunjukkan bahwa, strategi marketing yang paling efektif adalah memanfaatkan pendekatan kepada konsumen dengan multi channel, seperti melalui media TV dan digital, serta memaksimalkan peluang untuk berinteraksi dengan strategi yang lebih efektif. Quan menambahkan, sebagai platform terdepan dan terbesar untuk interaksi brand dengan target anak-anak dan keluarga, TotallyAwesome telah dipercaya oleh brand yang bekerja sama untuk mencapai efektifitas interaksi dengan target market yang sesuai, melalui strategi yang tepat.
TotallyAwesome didirikan oleh SuperAwesome dan Inspire Ventures pada 2015 dan terdiri dari tim yang telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan games, iklan, dan digital content ternama di dunia. TotallyAwesome memiliki kantor pusat di Singapura dan perwakilan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Australia.