Rabu 29 Mar 2017 21:55 WIB

Sel Otak Dapat Jadi Kunci Pengendalian Jam Tubuh Manusia

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi: Scan Otak
Foto: topnews.in
Ilustrasi: Scan Otak

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuan menemukan sel otak memiliki peran penting dalam membantu mengatur jam tubuh manusia atau irama sirkadian. Salah satu sel yang berperan pada hal itu adalah astrosit.

Dilansir Science Alert, astrosit adalah jenis sel glial yakni sel yang sering disebut perekat sistem saraf karena menyediakan struktur dan perlindungan bagi neuron. Studi baru menunjukkan, astrosit juga berperan mengatur jam tubuh manusia.

Selama ini konsensus ilmiah beranggapan irama sirkadian atau jam tubuh dikendalikan oleh inti suprachiasmatic (SCN), wilayah otak di hipotalamus yang terdiri dari 20 ribu neuron. Tapi ada sekitar enam ribu sel astrosit berbentuk bintang di daerah yang sama dengan fungsi yang tepat yang tak pernah dijelaskan sepenuhnya.

Awalnya inti suprachiasmatic adalah satu-satunya bagian dari otak yang mengatur irama sirkadian. Tapi kemudian para ilmuan memahami sel-sel di seluruh tubuh memiliki jam sirkadiannya sendiri, termasuk sel yang membantuk paru-paru, jantung, hati dan lainnya.

Para peneliti mengakui mereka belum memahami sepenuhnya, sejauh mana astrosit mengontrol irama sirkadian. Mereka telah melakukan penelitian pada tikus, tapi belum dapat menjamin apakan astrosit pada manusia mengatur jam tubuh dengan cara yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement