Rabu 29 Mar 2017 18:24 WIB

E-Commerce Perkuat Industri Kreatif Digital Indonesia

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
ecommerce
ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri kreatif digital, yang memadukan antara teknologi informasi (digital) dan unsur kreativitas dalam beberapa tahun terakhir tumbuh pesat. Inovasi ini diperkirakan akan terus tumbuh, terutama sejalan dengan penetrasi internet terus meningkat.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukan pengguna internet hingga Juni 2016 mencapai 132,7 juta. Jauh lebih tinggi dari hasil survey 2014, yang saat ini berjumlah 88 juta.

Perkembangan pesat itu, sesuai juga dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa potensi pasar Indonesia bisa menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Harapan Presiden Jokowi agar industry kreatif nasional dapat berperan sebagai salah satu lokomotif pembangunan ekonomi nasional, setidaknya dilihat dari keseriusan pemerintah yang sedang giat-giatnya mengembangkan sekita 16 subsektor industri mulai dari seni pertunjukan, seni rupa, televisi,radio,aplikasi game, arsitektur,desain interior, desain komunikasi visual, periklanan, music, penerbitan, fotografi, desain produk , fashion, film animasi, dan video kriya, hingga kuliner.

Peluang tersebut yang dilirik, e-commerce Bkarya.com sebuah marketplace penggabungan digital kreatif. Komisaris dan salah satu founder Bkarya,com, Agustinus Dawarja mengatakan membangun bisnis merupakan tantangan yang sangat besar bagi siapapun. Dari sisi kreatif, bangsa Indonesia tidak diragukan lagi kemampuannya. Tapi sayang banyak sekali para kreator tidak mendapatkan kesempatan dalam dunia digital.

"Bkarya.com membantu para kreator dengan mempersiapkan ekosistem digital siap pakai. Dengan adanya Bkarya.com kesenjangan digital para kreator dikurangi sebanyak banyaknya sehingga para kreator fokus dengan karya-karya kreatif," ujarnya di Jakarta, Rabu (29/3).

Sementara IT Director Bkarya.com, Pohan Thang, menambahkan kehadiran bkarya.com memberikan layanan berbentuk situs website yang memiliki banyak pilihan design kategori design yang berkualitas dari komunitas desainer yang tersebar luas di Indonesia dan Mancanegara.

"Produk layanan Bkarya ke depan, meliputi logo, desain, stationary, desain sampul buku atau majalah , desain kemasan , desain seragam/kaos, desain produk/flyer, pembuatan video/tayangan, pembuatan sound /jingle, desain banner/spanduk, desain aplikasi dan website, fotografi,mascot, kalender dan poster," ungkapnya.

Platform ekosistem digital telah disiapkan Bkarya.com untuk para kreator dapat menggunakan sebagai tempat etalase jasa dan karya mereka sebagai tounch point keterhubungan kreator dengan dunia digital.

Selain para kreator dapat juga membuka took digital untuk menjual hasil karya industry kreatif mereka dan sebagai sarana marketplace yang mempertemukan dengan calon pasar kreatif. Untuk jasa kreatif disediakan saran berupa contest bagi calon pengguna jasa.Transaksi baik tool digital maupun kontes sudah disediakan sebagai platform terintegrasi dalam Bkarya.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement