Kamis 23 Mar 2017 02:35 WIB

Samsung Bixby, Voice Command untuk Semua Perangkat

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri
Samsung Bixby.
Foto: Mashable
Samsung Bixby.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Akhir Maret nanti, Samsung akan meuncurkan produk terbarunya, Samsung Galaxy S8. Salah satu fitur terbaru dari produk yang akan diluncurkan di New York, AS pada 29 Maret itu adalah fitur Samsung Bixby, rival berat Apple Siri.

Dilansir dari Mashable pada Rabu (22/3), Samsung Bixby adalah sebuah fitur voice command atau perintah suara yang dapat memudahkan pengguna dalam mengkases smartphone. Demi memberi kenyamanan dalam menggunakan fitur itu, Samsung juga menambahkan sebuah tombol untuk mengaktifkan si Bixby. Tombol itu diletakan di bagian samping bersebalahan dengan tombol volume.

Chief Technology Officer (CTO) Samsung Mobile, Injong Rhee mengatakan, Bixby merupakan voice assistant  yang benar-benar difungsikan untuk lebih memudahkan penggunanya. "Fitur ini akan membebaskan pengguna dari tugas untuk menyentuh layar saat ingin mengakses sebuah menu dalam smartphone," ujar Injong Rhee.

Apalagi, lanjutnya, kini di layar smarphone pasti terdiri atas menu dan aplikasi yang sangat banyak sehingga pengguna terkadang akan kebingungan dalam mencari menu yang diinginkan. Dengan adanya Bixby, maka pengguna akan sangat dimudahkan dalam melakukan berbagai aktifitas tanpa harus menyentuh layar.

Bixby memang untuk sementara ini baru akan tertanam pada Samsung Galaxy S8. Namun, lanjut dia, kedepanya, fitur ini juga akan diterapkan pada seluruh produk elektronik Samsung seperti TV, wearables gear, mesin cuci, remot kontrol, kulkas dan pendingin ruangan atau AC.

"Di manapun dan di perangkat apapun, selama ada jaringan internet dan microphone, maka Bixby dapat digunakan," kata dia. Hal yang lebih menarik lagi, rencananya, aplikasi yang telah dikembangkan sejak 18 bulan lalu itu juga akan dihubungkan dengan aplikasi third-party seperti Facebook, Snapchat, Instagram dan aplikasi mainstream lainya.

Sembari menunggu hasil pembicaraan Samsung dengan pengembang aplikasi third-party, Bixby yang telah tertanam di Galaxy S8 itu telah dapat digunakan untuk mengakses 10 aplikasi bawaan Samsung sepert Contact Galery, Settings, Camera, Reminders dan beberapa aplikasi lainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement