Jumat 17 Mar 2017 12:05 WIB

Danapintar Permudah Masyarakat Peroleh Dana Talangan

Memulai Bisnis Online
Foto: Corbis.com
Memulai Bisnis Online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin meningkatnya kebutuhan membuat banyak masyarakat yang memutuskan memulai usaha kecil-kecilan. Baik memasarkan produk secara daring ataupun berbisnis makanan atau lainnya.

Hanya saja, untuk memulai usaha tersebut masih banyak masyarakat yang kesulitan karena terbatasnya akses modal. Persyaratan yang rumit membuat mereka tidak bankable atau memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman dari bank.

Hal inilah yang kemudian banyak bermunculan Financial Technology (Fintech), inovasi pembiayaan keuangan dengan memanfaatkan teknologi sebagai pendukung. Termasuk BPR Haneda Usaha yang meluncurkan danapintar.com.

Melalui situs ini masyarakat dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 3 juta yang dapat digunakan untuk modal usaha ataupun sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ada sekitar 40 persen masyarakat yang masih sulit atau tidak terjangkau oleh bank, bahkan di kota besar. Karena itu kami berusaha menjembatani agar masyarakat bisa terdanai dengan baik," ujar Futri Zulya Safitri selaku founder dari danapintar, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Untuk bisa melakukan pinjaman, ujar Futri, masyarakat dapat melakukannya dengan mudah. Calon peminjam hanya tinggal masuk ke situs www.danapintar.com dan mengisi seluruh aplikasi yang ada.

"Syaratnya hanya perlu upload ktp, slip gaji terakhir dan foto selfie. Selanjutnya pihak dari danapintar akan menghubungi untuk verifikasi," ujar Futri.

Dalam proses verifikasi, danapintar memiliki teknik credit scoring sendiri sehingga BI Checking dan slip gaji tidak menjadi satu-satunya faktor yang menentukan dalam peminjaman dana.

"Jadi slip gaji atau credit history tidak hanya satu-satunya faktor. Tidak seperti itu," ujar Futri.

Berbeda dengan perusahaan fintech lainnya, danapintar dikatakan Fury lebih bersifat sebagai dana talangan. Karena itu batas pengembalianya pun hanya terbatas 30 hari.

"Kita ingin memberi edukasi pada masyarakat bahwa ini sifatnya adalah dana talangan yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan secara efisien dan praktis," jelas Futri.

Dalam satu bulan danapintar menargetkan dapat memberikan pembiayaan dana talangan mencapai Rp 1 miliar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement