Senin 06 Mar 2017 13:10 WIB

Amerika Buat Aplikasi untuk Sumbang Tunawisma

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Aplikasi StreetChange untuk Tunawisma.
Foto: Mashable
Aplikasi StreetChange untuk Tunawisma.

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Menyumbang untuk menyalurkan bantuan tidak lagi didominasi dengan cara konvensional. Era teknologi saat ini memungkinan seseorang bahkan menyumbang pada tunawisma melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi bernama StreetChange karya Andrew Siegel dan Dan Treglia para peneliti di University of Pennsylvania. Mereka merancang aplikasi yang bekerja sama dengan pekerja sosial untuk memudahkan memberikan bantuan pada tunawisma.

Peneliti yang tergabung dalam Mental Health Association of Southeastern Pennsylvania mencoba memberikan bantuan dengan menyediakan fitur untuk tunawisma agar dapat mendaftarkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan. Nantinya pemberi bantuan dapat mengetahui kebutuhan yang paling tepat bisa diberikan aplikasi yang bisa di unduh melalui iOS dan Android ini.

Baca juga: 7 Aplikasi Wajib Unduh untuk Berpelesir

Untuk mendaftar, seorang tunawisma perlu memiliki tugas sosial dan menyelesaikan survei, mengidentifikasi tujuan hidup jangka panjang dan langkah yang mungkin untuk menjangkau mereka. Kemudian, mereka mengidentifikasi 10 sampai 15 kebutuhan jangka pendek, seperti pakaian, biaya perjalanan, atau kebutuhan sehari-hari.

Pengguna aplikasi yang akan menyumbang pun dapat melihat biodata tunawisma yang akan diberikan bantuan. Bantuan yang disumbangkan mulai dari satu dolar untuk membayar kebutuhan salah satu kebutuhan tunawisma. "Mereka melakukannya. Dan mudah-mudahan, kalian dapat menempatkan hal ini lebih baik lagi," kata seorang tunawisma yang berkeliaran di jalan Philadelphia dan pengguna StreetChange Marcellus, dikutip dari Mashable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement