Selasa 21 Feb 2017 08:30 WIB

Bill Gates Usulkan Robot Juga Kena Pajak

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bill Gates
Foto: EPA
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pendiri Microsoft Bill Gates mengusulkan agar robot dikenakan pajak karena robot akan mengganti seluruh pekerjaan manusia.

"Suatu saat nanti akan ada pajak bagi automaton. Saat ini pekerja manusia melakukannya, katakanlah 50.000 dollar AS didapatkan dari pajak orang yang bekerja di pabrik. Pemasukan itu adalah pajak dan Anda akan mendapatkan pajak penghasilan, pajak keamanan sosial, dan segala hal. Jika robot memiliki pemasukan sama saja, Anda pikir pajak Anda dan pajak robot berada di taraf yang sama," kata Bill Gates seperti yang dilansir dari RT.com, Selasa (21/2).

Gates mengatakan pemerintah harus mengambil pajak dari perusahaan yang menggunakan robot atau setidaknya automaton temporer dan  menemukan jenis pekerjaan lainnya yang bisa dilakukan manusia. Gates mengatakan pajak tersebut lalu dapat digunakan ke area yang masih membutuhkan manusia seperti pendidikan dan pelayanan kesehatan, untuk perawatan orang tua atau anak-anak.

"Jika Anda bisa mengambil buruh yang bisa digantikan automaton dan secara finansial, pelatihan, pemenuhan hidup bisa tergantikan, orang bisa pergi dan melakukan hal lain," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement