Jumat 10 Feb 2017 18:34 WIB

Alibaba Berikan Akses Internet Gratis di India

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Warga India menimati internet gratis. Ilustrasi
Foto: TimesofIndia
Warga India menimati internet gratis. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alibaba memberikan akses internet gratis di India. Seperti diketahui, Alibaba merupakan pemilik dari browser UCWeb.

Melalui sebuah acara talkshow, President of Overseas Business at Alibaba Mobile Business Jack Huang mengatakan bahwa Alibaba siap memberikan akses internet dengan harga murah. "Bahkan kami bisa memberikannya gratis," jelas Huang dilansir lamam Mashable.

Kerja sama tersebut melibatkan Wi-Fi provider, dan Alibaba sudah melakukan pembicaraan. Tujuan memberikan akses internet gratis dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengguna UCWeb terutama di India. Alibaba melihat India sebagai pasar potensial dalam pasar global internet.

Saat ini dunia sudah memasuki era 'GUF', yakni Google, UCWeb, dan Facebook. Bulan lalu Alibaba sudah menanam investasi 29 juta dollar untuk pasar India dan Indonesia. Dalam beberapa tahun mendatang UCWeb akan melakukan ekspansi dalam bentuk distributor konten berita dan konten platform. Tahun lalu perusahaan sudah mencari lebih dari 30 ribu self publisher, blogger, serta influencer.

Namun demikian, UCWeb akan mengalami kendala terkait regulasi pemasangan internet gratis di India. Pasalnya, pemerintah India sangat melarang akses internet gratis dengan mengedepankan pembatasan konten. Seperti yang dilakukan Facebook tahun lalu.

Jumlah pengguna akses internet di India mencapai 400 juta pengguna. Jumlah tersebut membuat India menjadi negara terbesar kedua di dunia terkait jumlah pengguna akses internet. Itu sebabnya banyak perusahaan teknologi menyasar India sebagai target empuk.

Tidak hanya Cina, Silicon Valley bahkan secara agresif menawarkan internet gratis di India. Sebelumnya, Google bahkan membawa akses internet gratis ke 100 stasiun kereta api di India. Bahkan Google berencana menambah 300 stasiun lagi dalam  waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

Microsoft sebagai rival dari Google juga melakukan hal serupa. Kabarnya, pemerintah India akan membawa akses internet gratis untuk 1000 desa di wilayah terpencil. Target pemerintah 150 ribu desa dan wilayah terpencil bisa mendapatkan akses internet dengan mudah. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement