Selasa 07 Feb 2017 13:54 WIB

Kelemahan dan Kelebihan Vivo V5 Plus

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Vivo V5 Plus.
Foto: Republika/Novita Intan
Vivo V5 Plus.

REPUBLIKA.CO.ID, Pasar smartphone Indonesia kembali dijejali produk dari luar yang berasal dari Cina. Kali ini vendor bernama Vivo yang bisa dikatakan masih dalam tahap berkembang di Indonesia, menghadirkan sebuah smartphone dengan dua kamera depan.

Smartphone dengan seri Vivo V5 Plus ini dibekali dengan kamera depan dengan masing-masing kamera beresolusi 20MP dan 8MP. Vivo mengklaim tak hanya jernih, kehadiran dua kamera depan itu dapat difungsikan untuk mengambil foto dengan hasil bokeh.

Lantas, apa benar spesifikasi smartphone tersebut sesuai dengan harapan para konsumen? Hasilnya, setelah digunakan selama hampir 2 minggu, Vivo V5 Plus memiliki beberapa kelemahan.

Pertama, sektor layar berukuran 5,5 inci LCD IPS beresolusi 1920 x 1080 piksel kurang begitu maksimal. Kedua, apabila untuk menambah kapasitas memori dengan microSD atau kartu memori eksternal hanya bisa dilakukan dengan melepas sim card 2 karena dipasang di slot yang sama. Jadi pilih salah satu yang memang sangat dibutuhkan.

Ketiga, jenis baterai non-removable yang memang sudah umum digunakan, meski memiliki daya tahan yang cukup lama, namun jenis ini menempel menjadi satu dengan bodi ponsel dan tidak bisa dilepas. Sehingga akan menyulitkan pengguna saat melakukan pergantian baterai ketika baterai rusak. Belum lagi dukungan fast charging sebagai pengisian baterai cepatnya.

Namun, tak dipungkiri smartphone ini cukup memiliki andalan untuk memikat pengguna, seperti

Kamera Depan Ganda

Vivo V5 Plus dibekali kamera depan 20 MP + 8 MP. Resolusi 20 MP yang tertanam dirancang khusus untuk memberikan kejernihan gambar. Sementara kamera sekunder 8MP bertugas menangkap informasi secara lebih dalam dan detil (dept-of-field). Secara bersamaan, kedua kamera itu menciptakan efek 'bokeh' yang memang hampir sebanding dengan kamera DSLR ber-aperture besar. Kamera depan ini juga diperkuat fitur 'Shot Refocus' yang memberikan kemampuan untuk menambahkan fokus, bahkan setelah foto diambil.

Kamera Belakang 16 MP

Vivo v5 Plus menanamkan sensor kamera belakang 16 MP yang diklaim berkualitas tinggi. Hasilnya, memang sensor kamera tersebut bisa menangkap setiap momen berharga dengan hasil yang jernih dan detail yang tajam.

Selfie Softlight

Fitur unik ini menciptakan efek pencahayaan dari sebuah studio foto profesional. Efek ini memungkinkan pengguna untuk dapat menghasilkan gambar yang tajam dan jernih meski kondisi cahaya berlebih atau minim.

RAM dan ROM Besar

Vivo V5 Plus dilengkapi dukungan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Dapur pacunya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 625 sekaligus kombinasi sistem manajemen 'Smart Engine' dengan Funtouch OS 3.0 untuk mendukung beragam aktivitas secara bersamaan.

Fast Fingerprint Unlocking

Dengan teknologi fingerprint yang tertanam, memungkinkan pengguna dapat membuka kuncian layar ponselnya hanya dalam 0,2 detik, dengan satu sentuhan.

Hi-Fi Music

Fitur andalan lain yang bisa menjadikan Vivo V5 Plus, hadirnya audio chip AK4376 yang hasilnya mampu memberikan kualitas suara yang mumpuni dengan rasio signal-to-noise hingga 115dB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement