Senin 06 Feb 2017 14:07 WIB

Robot Barista Ini Bisa Ciptakan Kopi Kurang dari Satu Menit

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Robot Barista di Cafe X.
Foto: Dailymail
Robot Barista di Cafe X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah startup California meluncurkan cafe robot pertama, yang mampu membuat minuman berbasis espresso dalam waktu kurang dari satu menit. Disebut Cafe X, mesin ini dirancang dengan lengan robot Mitsubishi, dan diprogram dengan gerakan yang telah ditentukan, seperti meraih cangkir, serta memompa sirup.

Kios pertama Cafe X hadir di San Francisco pada Senin, yang menggabungkan mesin belajar, dan robotika. "Saya sudah lama menjadi konsumen kopi besar dan tidak pernah ada pengalaman yang dijamin mulus," kata pendiri dan CEO, Henry Hu dilansir dari laman Dailymail.

"Dalam dunia sekarang ini, Anda memiliki dua pilihan untuk mendapatkan secangkir kopi, baik di dalam dan keluar dengan sesuatu yang di bawah standar atau Anda menunggu 15 menit untuk cappuccino besar," lanjut dia.

Cafe X diprogram untuk melakukan hanya satu set standar dari gerakan, termasuk meraih cangkir, memompa sirup, menempatkannya di bawah inti kopi, dan menyampaikannya ke jendela di mana pelanggan berdiri. Pelanggan dapat memesan minuman berbasis espresso dalam dua cara, di kios, atau melalui perangkat mobile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement