Selasa 24 Jan 2017 14:34 WIB

Robot Lunak Bisa Bantu Pasien Gagal Jantung

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung
Foto: Boldsky
Nyeri di dada, bisa jadi pertanda sakit jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robot lunak merupakan salah satu bidang yang paling menarik dan menjanjikan dari penelitian robotika sekarang. Namun, satu aplikasi ini belum terdengar sebelumnya, gagasan bahwa robot lunak mungkin bisa membantu pasien gagal jantung, dengan secara fisik menjaga detak jantung mereka.

Tujuan dari sebuah proyek penelitian baru yang menarik, melibatkan penciptaan inovatif robot lunak, yang bisa melingkar di hati biologis. Kemudian membantu untuk berdenyut, melalui kombinasi memutar, dan menekan gerakan sinkron, dengan irama detak alami jantung.

"Ini dirancang untuk pasien gagal jantung yang telah menurunkan fungsi memompa, dan tidak dapat memenuhi tuntutan tubuh," kata peneliti Dr Ellen Roche, dari NUI Galway di Irlandia, dilansir dari laman Digital Trends. Keuntungan utama dibandingkan dengan solusi yang ada adalah bahwa hal itu tidak bersentuhan dengan darah, yang membantu mengurangi komplikasi seperti pembekuan atau potensial stroke.

Pekerjaan ini dilakukan di Harvard dan Rumah Sakit Anak di Boston. Pada saat itu, Dr. Roche adalah seorang mahasiswa PhD di Harvard John A. Paulson, Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan dan Wyss Institute of Biologically Inspired Engineering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement