Senin 23 Jan 2017 12:38 WIB

Peneliti Ciptakan 'Kain Pintar' untuk Gantikan Sendi yang Usang

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Sendi. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Sendi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, para peneliti telah menciptakan sebuah 'kain pintar' yang meniru jenis jaringan khusus manusia, disebut dengan periosteum. Diharapkan bahwa jenis kain ini dapat digunakan untuk menciptakan sesuatu dari pakaian pelindung, ke jaringan biologis yang dapat menggantikan dan memperbaiki sendi di masa depan.

Periosteum merupakan membran yang mencakup semua tulang, dengan pengecualian dari persendian, dan memiliki beberapa sifat yang sangat istimewa. "Periosteum terdiri dari bahan inheren 'pintar' yang memberikan tulang keras, dan menambah kekuatan di bawah beban berdampak besar," kata tim dari University of New South Wales (UNSW) di Australia Sciencealert, akhir pekan lalu.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Cara Hilangkan Bekas Luka

Menggunakan sistem pencitraan 3D khusus, tim mampu memetakan arsitektur jaringan ini, meningkatkan komponen kunci, dan menghasilkan prototipe dari kain pintar baru. "Kami kemudian menguji kelayakan jaringan alam render periosteum ini menggunakan software desain dibantu komputer," kata pemimpin tim, Knothe Tate.

Tim membuat kain dari kombinasi kolagen dan elastin, kedua protein ini penting dalam jaringan biologis. Namun sayang, ditemukan masalah dalam kombinasi tersebut. "Tantangan dengan menggunakan kolagen dan elastin adalah serat mereka, yang terlalu kecil untuk masuk ke dalam alat tenun. Jadi kami menggunakan bahan elastis yang meniru elastin dan sutra yang meniru kolagen," kata Tate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement