Kamis 12 Jan 2017 16:41 WIB

Ilmuwan Temukan Cara Hilangkan Bekas Luka

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Bekas luka. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Bekas luka. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Entah karena operasi, terkena goresan atau terjatuh dari sepeda terkadang menimbulkan luka. Luka tersebut bahkan sulit dihilangkan bekasnya sehingga menggangu penampilan sejumlah orang.

Dalam melihat fenomena tersebut, sejumlah ilmuwan mencoba mencari jalan keluarnya. Mereka mengupayakan bagaimana menghilangkan bekas luka  baru secara alami dan meregenasi kulit. Ini merupakan sebuah hal yang sangat tidak mungkin dialami manusia.

"Pada dasarnya, kita dapat memanipulasi penyembuhan luka sehingga menghasilkan regenerasi kulit dibandikan meninggalkan bekas luka," kata ketua Departemen Dermatologi di University of Pennsylvania, George Cotsarelis, dilansir Sciencealert, Rabu (11/1).

George juga mengungkapkan mengapa bekas luka seseorang begitu berbeda dari kulit biasa. Menurut dia, itu karena jaringan tersebut tidak mengandung sel-sel lemak atau folikel rambut. Dari sini, para ilmuwan pun menemukan jawabannya.

Untuk menghilangkan bekas luka baru, George mengatakan, ini hanya perlu menumbuhkan folikel rambut pertama. Setelah itu, lemak akan diperbarui dalam merespon sinyal dari folikel tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement