Jumat 06 Jan 2017 09:46 WIB

LG Hadirkan Lemari Es Pintar dengan Kendali Suara di CES 2017

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Lemari es kendali suara dari LG.
Foto: Dok: LG
Lemari es kendali suara dari LG.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- LG Electronics menghadirkan lemari es pintar dengan kendali suara bernama LG Smart InstaView pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2017. Pameran akbar industri elektronik tersebut berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis-Ahad (5/1-8/1).

Song Dae-Hyun, Presiden LG Home Appliance & Air Solutions Company menjelaskan, fitur kendali suara merupakan kolaborasi LG dengan Alexa Voice Service dari Amazon. Kemampuan tersebut membuat pengguna serasa memiliki asisten pribadi untuk manajemen penyimpanan bahan makanan dalam lemari es. "Seluruh kepintaran ini membuat berbagai kegiatan keseharian di dapur seperti memasak dapat berjalan dengan lebih dinamis dan menyenangkan. Semuanya melalui kendali suara," ungkap Dae-Hyun.

 

Kulkas yang didukung sistem operasi webOS besutan LG itu juga bisa membantu mencari resep masakan, memainkan musik, bahkan mendapat informasi cuaca. Adanya sambungan WiFi membuat pengguna dapat melakukan pemesanan berbagai bahan makanan melalui laman daring Amazon.

 

Sementara, istilah 'InstaView' pada namanya merujuk pada penggunaan panel sentuh LCD 29 inchi pada salah satu pintunya. Layar yang menyatu dengan desain keseluruhan pintu itu akan aktif dengan dua kali ketukan dan memperlihatkan berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya. 

 

Tak hanya itu, Dae-Hyun juga menyebutkan bahwa lemari es LG smart InstaView dapat terhubung dengan perangkat elektronik lain untuk membentuk ekosistem rumah pintar. Pengguna yang sedang tidak di rumah pun bisa mengecek makanan dalam kulkas lewat ponsel pintar berkat kamera 2MP dalam kabin penyimpanan.

 

Fitur lain yang menarik adalah Smart Tag yang membuat pengguna dapat membuat catatan digital pada layar untuk anggota keluarga lain. Tak hanya itu, Smart Tag berisikan daftar seluruh bahan makanan yang tersimpan di kulkas berikut pengingat tenggat kedaluwarsanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement