Jumat 30 Dec 2016 06:16 WIB

Ini Dia Ponsel Pintar Terbaik 2016

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Smartphone. Ilustrasi.
Foto: Techradar
Smartphone. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulasan mengenai ponsel terbaik dipenghujung tahun memang sudah menjadi rutinitas. Laman Cnet.com mengulas merek ponsel terbaik tahun ini, pekan lalu.

Gelar ponsel pintar terbaik tidak diberikan begitu saja, melainkan melihatnya berdasarkan kecanggihan kamera, layar, hingga daya tahan baterai. Telepon genggam pintar tersebut juga tidak secara keseluruhan meraih penjualan terlaris.

Yang pasti, the best smartphone tahun ini memang patut diperhitungkan dan masuk dalam jajaran ponsel pintar terpopuler. Tipe apa saja yang masuk dalam kategori ponsel terbaik 2016, berikut ulasannya.

'The Real Android'

Google Pixel memang pantas menyandang gelar 'The Real Android' atau 'Pure Android'. Bukan karena Google yang memang menciptakan Android, namun fitur ponsel juga mencerminkan pemakainya seorang pencinta Android sejati. Keunggulan ponsel terletak pada kamera yang mampu menangkap gambar meski dalam kondisi kurang cahaya. Dengan fitur Google Assistant, pengguna memiliki asisten pribadi untuk membantu mengoperasikan ponsel.

Pixel memiliki layar 5 inch dengan Android OS Nougat 7.1. Kamera utama berukuran 12 MP sementara bagian belakang 8 MP. Kamera sudah berkemampuan 4K. Dibekali RAM 4GB membuat ponsel memiliki kecepatan tinggi. Baterai tanam sebesar 2,770 mAh juga bisa diandalkan untuk pemakaian maksimal. Pixel juga mendukung Daydream VR ready dengan menggunakan Google Glass. Ponsel ini merupakan seri premium dengab balutan warna hitam dan putih. Sayang sekali, Pixel belum hadir di Indonesia. Saat ini pembelian bisa dilakukan melalui Amazon seharga 729.99 dollar AS.

Ponselnya Para Fotografer

Hobi fotografi tetapi tidak memiliki cukup bujet untuk membeli kamera SLR atau DSLR, iPhone 7 Plus bisa menjadi solusi. Itu sebabnya ponsel besutan Apple tersebut diberi gelar 'The Photographer Phone' atau ponselnya para fotografer. Baik para fotografer amatiran atau bukan, seperti kecanduan dengan iPhone 7 Plus. Dual camera ponsel tersebut mampu memberikan beragam trik fotografi. Hasil jepretan tidak kalah kamera berkemampuan tinggi. Kamera dual tersebut bahkan mampu menjalankan 2x optical zoom dengan format portrait.

Apple iPhone 7 Plus anti air sehingga bisa menanggkap gambar di kedalaman air tanpa pelindung. Kecepatannya juga super dibandingkan dengan lawannya yang lain. Hebatnya lagi, iPhone 7 Plus memiliki kapasitas memori hingga 256 GB sehingg bisa diandalkan para fotografer profesional. Dari sekian tipe, iPhone 7 Plus memang menjadi yang paling diandalkan. Dibekali iOS 10.1 membuat kecepatannya juga lebih mumpuni. Meski demikian ponsel ini memiliki kekurangan, salah satunya tidak memiliki jack untuk headphone. Apabila sedang mengisi daya baterai, pengguna tak bisa memasang headphone atau earphone. Kemudian ponsel juga belum mendukung VR atau AR. Apple iPhone 7 Plus dibanderol 769 dollar AS.

Ponsel Pintar Andalan

Ponsel Android yang masih cukup terjangkau dan bisa diandalkan, itulah Samsung Galaxy S7. Ponsel memiliki kamera mumpuni dengan sensor gerak luar biasa cepat. Apabila berada di dalam ruangan kurang cahaya, kamera langsung cepat tanggap. Fitur pada S7 juga tak kalah hebat dari ponsel sepadan. Pengguna bisa melakukan banyak trik dengan kamera, sementara daya tahan baterai juga patut diacungi jempol. Memori penyimpanan juga dibuat sedemikian besar, dan bisa ditambah dengan external memory card. Ponsel juga tahan air sehingga tak perlu takut apabila tercebur atau kehujanan.

Keberadaan S7 tergolong cukup beruntung. Ia lahir sebelum peristiwa mengerikan meledaknya Galaxy Note 7. Bahkan kehadiran S7 dan S7 Edge dianggap sebagai penyelamat Samsung. Desain ponsel juga tergolong modern. Hanya saja respons pengguna dan pencinta Samsung terhadap non-removable battery sedikit kecewa. Tetapi ternyata ketahanan baterainya cukup kuat meski dipakai maksimal. Samsung Galaxy S7 dibanderol seharga 499.99 dollar AS. Keberadaannya diprediksi akan tetap diminati pencinta Samsung di tahun depan.

Harga Menengah, Kualitas Mewah

Sepertinya, OnePlus menjadi satu-satunya ponsel buatan Cina yang menjadi ponsel pintar terbaik 2016. Wajar saja, sebab dengan harga kelas menengah OnePlus mampu menghadirkan kualitas mewah. Melalui tipe OnePlus 3T para pengguna bisa merasakan kecanggihan ponsel pintar terbaru tanpa harus merogoh kocek dalam. OnePlus 3T memiliki layar seluas 5,5 inch dengan performa Android Marshmallow. Baik kamera depan dan belakang memiliki ukuran 16 MP dengan kemampuan 4K. Dari segi kapasitas baterai, OnePlus 3T memiliki batersi tanam sebesar 3000 mAh. Cukup kuat untuk diandalkan.

OnePlus 3T menjadi favorit para pencinta Android dengan bujet rendah. Apabila sebelumnya sudah memiliki OnePlus 3, tidak perlu membeli baru. Sebab, kemampuan 3 dan 3T tidak jauh berbeda. Bahkan sistem operasi keduanya bisa diperbaharui hingga ke Nougat. Ada satu fitur yang tersembunyi dan tidak banyak diketahui pemilik OnePlus. Ketika pengguna membuka banyak halaman otomatis tidak bisa melihatnya secara penuh. Namun pengguna tetap bisa melakukan screenshot halaman secara penuh. Ponsel ini dibanderol seharga 439 dollar AS. Saat ini harga tersebut tengah berkompetisi dengan ponsel jenis lain.

Ponsel Android Tanpa Lawan

Jangan melihat harga apalagi desain ponsel. Mungkin Motorola bukan lagi ponsel yang dipandang tinggi. Tetapi melalui tipe Moto G4, ponsel tersebut menjadi Android tanpa tandingan. Dibanderol seharga 149.99 dollar AS membuat Moto G4 mampu bertahan dengan para saingannya, seperti Samsung atau LG. Mengapa Moto G4 dianggap tak memiliki lawan? Berdasarkan perangkat lunak, ia paling tangguh. Dibekali junk-free software membuat Moto G4 mampu bertahan dari serangan banyak virus. Big bold screen juga membuat ponsel menjadi andalan karena sudah dilengkapi dengan fitur anti air.

Mungkin layar 5,5 inch dilengkapi kamera utama 13 MP, dan belakang 5 MP bukan lawan dari iPhone 7 Plus. Namun dengan bujet sangat terbatas pencinta Android bisa merasakan kecanggihan mumpuni dari sisi fitur dan perangkat lunak. Layarnya juga menghasilkan gambar amat jernih. Hanya memiliki RAM 2 GB tak membuat performanya berkurang. Sebab, ponsel diberikan bekal baterai 3000 mAh yang bisa dilepas sehingga bertahan lama. Apabila menyukai permainan gim, mata termanjakan dengan bold screen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement