Rabu 21 Dec 2016 11:02 WIB

Find My Phone, Film yang Gunakan Aplikasi untuk Lacak Smartphone Hilang

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi
Foto: Google
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang mahasiswa perfilman di Belanda, Anthony van der Meer, membuat film dokumenter yang bercerita tentang pelacakan smartphone yang dicuri. Uniknya ide pembuatan film berdurasi 21 menit ini terinspirasi dari pengalaman pribadi sang mahasiswa yang sebelumnya smartphone miliknya hilang dicuri.

Anthony mengaku penasaran alasan apa yang membuat seseorang mencuri smartphone orang lain dan kemudian bagaimana nasib benda itu setelah dicuri. Untuk melakukan pelacakan, Anthony merelakan smartphone miliknya dijadikan objek yang akan dicuri. Ia pun mulai memata-matai sang pencuri dengan menggunakan aplikasi khusus bernama Cerberus.

Dengan aplikasi tersebut, Anthony dapat mendengarkan percakapan panggilan si pencuri melalui smartphone yang telah dicuri. Bahkan ia dapat mengendalikannya dari jarak jauh selama smartphone yang dicuri tersebut terkoneksi dengan internet. Berkat aplikasi ini, Anthony bahkan dapat mengetahui kehidupan sang pencuri lebih jauh dan rasa penasarannya berbuah simpati. 

Film berjudul Find My Phone ini telah berhasil mengundang decak kagum dari jutaan netizen. Sejak dirilis, pertengahan Desember lalu, film dokumenter ini sudah ditonton oleh lebih dua juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement