Jumat 16 Dec 2016 09:31 WIB

5 Cara Medsos Bikin Individu Lebih Baik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Media Sosial
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial (medsos) apakah itu Facebook, Twitter, Instagram bisa membuat banyak orang berbahagia, bisa juga tertekan, kurang percaya diri, bahkan antisosial. Meski demikian, masih ada cara-cara di mana medsos bisa menjadikan Anda individu yang baik, dilansir dari Womanitely, Jumat (16/12).

Medos bisa menyelamatkan nyawa orang lain

Medsos menempatkan dunia di telapak tangan kita. Koneksinya bukan hanya ke satu juta orang, melainkan seluruh orang di dunia. Jangkauan medsos yang menakjubkan ini bisa menyelamatkan hidup orang lain, misalnya menginformasikan tentang donor organ.

Banyak dari anak-anak, remaja, orang tua yang membutuhkan donor organ untuk bertahan hidup. Anda mungkin sering menjumpai banyak informasi orang hilang dan diculik di Twitter.

Orang juga dapat saling berbagi video dalam sekejap mata untuk membantu aparat penegak hukum atau jasa investigasi lainnya membawa penjahat ke pengadilan. Medsos juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran sebelum sebuah bencana alam besar terjadi.

Mengumpulkan donasi

Kekuatan medsos itu bagaikan pedang Excalibur milik Raja Arthur. Pedang ini bisa membantu mereka yang membutuhkan.

Anda bisa mengumpulkan donasi untuk bantuan atau amal melalui medsos. Dalam waktu singkat, Anda bisa menyampaikan bantuan dana untuk pelestarian hutan hujan Amazon, untuk anak-anak kelaparan di Afrika, untuk hewan-hewan terlantar di Jepang, atau untuk Muslim yang menjadi korban di Palestina. Tombol 'berbagi' atau 'shared' di Facebook misalnya, bisa menyebarkan informasi donasi ini ke pihak lain lebih luas.

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi

Berapa banyak Anda membaca media online setiap hari? Medsos terhubung ke internet dan banyak yang menyebarkan berita dari berbagai sumber di dalamnya.

Keterampilan berkomunikasi bisa diasah dari medsos. Anda mungkin menemukan beberapa netizen berbahasa kotor, kemudian ditegur oleh netizen lannya. Ini bisa meningkatkan literasi dan kosa kata.

Melalui pesan suara dan aplikasi seperti Snapchat misalnya, orang bisa belajar bagaimana berbicara secara terbuka. Mereka setidaknya bisa belajar mengatasi rasa takut berbicara langsung di depan umum.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Anda mungkin ingin mengenal suatu komunitas, namun belum bisa bertemu langsung karena tertutup. Anda bisa memulainya dengan berkenalan lewat medsos.

Anda mungkin mengomentari sebuah status milik seseorang. Dari sana Anda dan dia kemudian terlibat percakapan lebih luas. Ini merupakan awal dari kehidupan bersosialisasi.

Menghubungkan yang jauh

Medsos menghubungkan yang jauh agar semain dekat. Anda bisa terhubung ke teman-teman, keluarga, bahkan teman baru di luar sana yang tempatnya berjauhan dari Anda.

Jika digunakan dengan benar, medsos bisa membuat hidup jauh lebih baik. Ini akan memperluas pengetahuan dan perspektif Anda tentang dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement