Sabtu 10 Dec 2016 08:21 WIB

Astronaut AS Pertama yang Mengorbit Bumi Wafat di Usia 95 Tahun

John Glenn.
Foto: NASA
John Glenn.

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- John Glenn, astronaut Amerika pertama yang mengorbit bumi meninggal dalam usia 95 tahun. Mantan prajurit angkatan laut dan senator AS ini meninggal setelah dirawat selama sepekan di rumah sakit Ohio.

Dilansir dari BBC, Glenn mengelilingi Bumi pada 1962 dengan kapsul Friendship 7. Glenn mengitari dunia tiga kali menggunakan Friendship 7 pada 20 Februari 1962 sebelum akhirnya terjadi percikan di Samudra Pasifik. Setelah kembali ke Bumi, Glenn terpilih dalam pemilu 1974 melalui Partai Demokrat sebagai senator. Dia menjabat selama 24 tahun.

Tiga puluh enam tahun sejak 1962, dalam usia 77 dia kembali ke orbit luar angkasa dan menjadi orang paling tua yang terbang ke ruang angkasa. Glenn lahir pada 1921 di Ohio. Dia hanyalah putra dari seorang tukang ledeng dan guru sekolah. Dia sempat menjadi pilot tempur dalam Perang Dunia II dan perang Korea sebelum akhirnya bergabung dengan Badan Antariksa AS (NASA).

Glenn menderita stroke ringan yang mempengaruhi penglihatannya pada tahun 2014 setelah menjalani operasi penggantian katup jantung. "Kita sangat sedih atas kepergian senator, orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi," tulis NASA melalui akun twitternya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement