Kamis 08 Dec 2016 10:36 WIB

UGM Kembangkan Melon Sebagai Bahan Obat DBD

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Winda Destiana Putri
Nyamuk demam berdarah.
Foto: AP
Nyamuk demam berdarah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi permasalahan kesehatan di Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat jumlah penderita demam berdarah pada Januari hingga Februari 2016 mencapai 8.487 orang, dengan kematian 108 orang. 

Perihatin dengan kondisi ini, sejumlah peneliti di Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Fakultas Biologi UGM mencoba mencari terobosan baru dalam pemberantasan DBD. Mereka meneliti dan mengembangkan tanaman yang berpotensi untuk dijadikan sebagai bahan baku obat, antara lain melon.

"Fakultas Biologi UGM berhasil mengembangkan tanaman melon yang berpotensi digunakan sebagai bahan obat anti nyamuk, yaitu Gama Melon Parfum," tutur Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiyadi Daryono, kemarin. Gama Melon Parfum sendiri merupakan kultivar melon baru yang berhasil dikembangkan Fakultas Biologi UGM.

Penelitian kultivar melon baru ini berlangsung sejak tahun 2011. Adapun Gama Melon Parfum memiliki ukuran kecil dengan berat rata-rata 200 sampai 350 gram. Melon ini memiliki ornamen kulit buah yang unik menyerupai batik, menghasilkan aroma harum, dengan rasa buah yang pahit.

Gama Melon Parfum mengandung flavonoid dan terpenoid yang tinggi. Di mana kedua senyawa tersebut terbukti ampuh untuk membunuh jentik nyamuk. Selain itu, dengan kandungan volatile yang tinggi membuat melon tersebut memiliki aroma wangi. Aroma ini tidak disukai oleh nyamuk, sehingga bisa dimanfaatkan untuk obat anti nyamuk.

Berdasarkan hasil uji efektivitas, diketahui persentase rata-rata daya proteksi ekstrak kulit Gama Melon Parfum terhadap nyamuk sebesar 95,61 persen. Sementara persentase rata-rata daya proteksi daging buahnya sebesar 99, 35 persen. "Ini membuktikan bahwa Gama Melon Parfum sangat potensial dikembangkan menjadi lotion anti nyamuk maupun dijadikan serbuk pengganti abate," kata Budi.

Ia mengemukakan, Gama Melon Parfum tidak hanya terbukti ampuh untuk digunakan sebagai anti nyamuk. Namun, penggunaan melon ini dapat menjadi alternatif obat anti nyamuk yang ramah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement