Ahad 04 Dec 2016 17:06 WIB

73 Ribu Siswa Ikuti Penyisihan Lomba Matematika

Rep: Nurhasan Murtiaji/ Red: Dwi Murdaningsih
Kepala Direktur Klinik Pendidikan MIPA Raden Ridwan Hasan Saputra
Foto: MGROL75
Kepala Direktur Klinik Pendidikan MIPA Raden Ridwan Hasan Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar babak penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia pada Ahad (4/12). Babak penyisihan kompetisi dilakukan di tingkat kabupaten dan kota. KMNR ini merupakan rangkaian dari kegiatan KPM untuk kali yang ke-12.

Pendiri KPM Raden Ridwan Hasan Saputra mengungkapkan, penyisihan KMNR ini diikuti oleh 73.095 peserta. "Mereka berasal dari 1.119 sekolah SD, SMP, dan SMA se-Indonesia," kata Ridwan kepada Republika.co.id, Ahad (4/12).

Ridwan memerinci, kompetisi ini diadakan di 47 kota dan kabupaten yang berasal dari beberapa provinsi, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Bali. KMNR ini diikuti peserta dari kelas 1 SD hingga kelas 11 SMA.

Matematika nalaria realistik (MNR) merupakan dasar-dasar matematika yang diujikan dalam olimpiade matematika internasional. Banyak peserta yang mengikuti seleksi KMNR, kata penerima Tokoh Perubahan Republika 2013 ini, merupakan peraih medali emas, perak, dan perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional dan berbagai ajang kompetisi internasional lainnya.

"Artinya, kompetisi ini diminati oleh anak-anak unggul dari berbagai jenjang sekolah," kata Ridwan. 

Kompetisi ini adalah lomba tahunan yang digelar KPM dengan tujuan untuk memotivasi anak-anak Indonesia lebih giat belajar matematika. Lomba ini pun dilakukan sebagai seleksi siswa yang akan mengikuti lomba International Mathematics Contest yang akan dilaksanakan di Singapura pada Juni 2017. 

Peserta yang lolos dalam babak penyisihan KMNR akan mengikuti babak semifinal pada 29 Januari 2017 di lokasi yang ditunjuk oleh panitia. Bagi peserta yang lolos babak semifinal akan mengikuti babak final pada 16 April 2017.

"Pengumuman hasil penyisihan KMNR bisa dilihat pada awal Januari 2017 di www.republika.co.id," kata Ridwan. Sedangkan, bagi peserta yang ingin mengetahui rankingnya saat uji soal MNR dengan teman sekotanya bisa melihat pula di www.republika.co.id pada pekan kedua Desember 2016.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement