Rabu 30 Nov 2016 13:34 WIB

Streaming Musik Murah 'Bebas Kuota'

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Smartfren. Ilustrasi
Foto: Google
Smartfren. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejak era big video mulai hidup jenis paket data operator kian beralih ke arah unlimited atau tanpa batas. Pengguna dimanjakan dengan akses konten tanpa harus merasa khawatir kehabisan paket data.

Terciptanya paket data tanpa batas dari beberapa operator jaringan di Indonesia bukan tanpa alasan. Namun mengikuti pergeseran perilaku pengguna internet perangkat mobile yang semakin menggila mengonsumsi produk streaming.

Tidak hanya menonton video secara daring saja tetapi juga mendengarkan musik. Alasan pelaku pasar operator diperkuat berdasar riset Nielsen Music 2016, yakni 80 persen pendengar musik dunia menimati musik secara streaming. Musik didengar melalui aplikasi, situs, hingga radio online. Pergeseran perilaku mendengarkan musik via online memicu banyak operator jaringan menciptakan paket data khusus musik. Bahkan menimbulkan perang harga antar operator. Para operator jaringan berlomba membuat produk paket data dengan harga murah.

Pelanggan dimanjakan dengan akses tanpa batas mendengarkan musik tanpa merasa khawatir terhadap kuota. "Biasanya yang membuat pelanggan khawatir mendengar musik secara streaming takut kuota paket datanya habis," ujar Senior Vice President Digital Services Smartfren Revie Sylviana dalam acara peluncuran paket Music Unlimited Smartfren di Jakarta, belum lama ini. Dengan paket data khusus musik tanpa batas dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Smartfren membuat Music Unlimited sebagai paket data internet khusus mendengarkan musik secara streaming. Melalui paket data tersebut pelanggan bebas mendengarkan musik tanpa merasa takut kehabisan kuota. Peluncuran paket Music Unlimited Smartfren memang terbilang cukup terlambat. Pasalnya, beberapa operator lain di Indonesia sudah lebih dulu mengeluarkan produk serupa.

"Sebenarnya bukan terlambat, kami hanya menunggu waktu yang tepat," jelas Revie. Smartfren memang sudah menyiapkan beberapa produk terkait hiburan melalui platform internet. Sebelumnya layanan media sosial dan video sudah lebih dulu rilis. Sejauh ini konten video masih menjadi konsumsi data internet terbesar pelanggan Smartfren. Namun Smartfren melihat streaming music akan menjadi tren pengguna perangkat mobile di masa mendatang.

Music Unlimited dapat digunakan pengguna Smartfren untuk mengakses layanan streaming music melalui aplikasi atau website. Smartfren sudah melakukan kerja sama dengan sembilan partner platform musik, di antaranya JOOX, Nada Kita, Prambors, Trax FM, HitzFM, iRadio, dan Hardrock. Ke depannya tidak menutup kemungkinan akan menambah jumlah partner.

Kemudian melalui aplikasi Smartmusic dari Smartfren juga bisa menikmati tiga juta musik lokal dan internasional. Smartfren menggandeng band papan atas Nidji, Geisha, dan D'Massive untuk layanan lagu eksklusif bagi pelanggan. Paket musik tanpa batas bisa dibeli pelanggan meskipun sudah berlangganan paket internet data jenis lain. Ada tiga pilihan paket musik yang bisa dibeli, yakni unlimited satu hari seharga Rp 5 ribu, tujuh hari Rp 15 ribu, dan satu bulan seharga Rp 35 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement