Jumat 11 Nov 2016 11:54 WIB

Hari Belanja Online di Cina Cetak Rekor Penjualan 5 Miliar Dolar AS dalam Satu Jam

Rep: Lida Puspanigtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Belanja online
Foto: VOA
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Hari belanja online mulai mencetak rekor penjualan terbesar bagi Alibaba, Jumat (11/11). Raksasa e-commerce itu melaporkan rekor Singles Day di Cina. Singles Day merupakan acara belanja online terbesar di dunia.

Angka penjualannya mencapai lima miliar dolar AS hanya dalam satu jam. Pembeli sangat tertarik pada harga barang-barang pre-order yang jauh lebih murah dari biasanya. Pada tahun 2015, butuh 90 menit untuk mencapai angka penjualan lima miliar dolar AS. Total dalam sehari mencapai 14,3 miliar dolar AS saat itu.

Alibaba mengatakan 85 persen pembelian datang dari penjualan ponsel. Perusahaan juga sedang bereksperimen terhadap teknologi baru termasuk augmented reality dan virtual reality sehingga pembeli bisa melihat barang jelas barang yang akan mereka beli.

Singles Day diselenggarakan setiap tahun pada 11/11. Awalnya acara ini dilakukan sebagai perayaan hari 'jomblo' di Cina karena ada empat angka satu di tanggal 11 November itu. Namun Alibaba mengubahnya jadi ajang belanja sejak 2009.

Saat ini acara sudah jadi tradisi, Singles Day juga dirayakan di televisi dengan acara musik. Tampak ada One Republic hingga kemunculan Kobe Bryant, David Beckham dan istrinya, Victoria.

Pengamat menilai penjualan 11/11 Alibaba tahun ini akan mencapai 20 juta dolar meski ekonomi Cina sedang lemah. "Kami melihat perpindahan besar sekali dari belanja langsung dengan belanja online," kata direktur IDC Cina, Kitty Fok dilansir BBC. Penjualan juga terpusat dari daerah-daerah pinggiran. Orang desa sekarang punya ponsel dan mereka bisa belanja online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement