Kamis 10 Nov 2016 17:34 WIB

Xiaomi Jual Robot Mainan Seperti Lego

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Toy Block.
Foto: Mashable
Toy Block.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xiaomi memproduksi sebuah robot mainan plastik yang bisa dirakit menjadi bentuk lain dan dikontrol dengan sebuah aplikasi. Produk barunya ini dinamakan Toy Block, mainan bersandi yang nampak seperti lego.

Mainan ini dilengkapi dengan komponen lain seperti roda-roda, persneling atau roda gigi dan rantai, untuk membuat pergerakan robot menjadi lebih mudah dalam kehidupan sehari-hari. Xiaomi mengklaim bahwa robot ini diperkuat dengan sebuah chip ARM Cortex-M3 untuk menjaga dirinya tetap tegak lurus.

Strukturnya dinilai cukup stabil untuk menahan hingga beban tiga kilogram ketika bergerak maju. Aplikasi yang tersedia memungkinkan pengguna menggiring robot ini kemanapun mereka diperintahkan.

CEO Xiaomi, Lei Jun, mengumumkan Toy Block akhir pekan lalu di akun Weibo. Produk ini akan dijual seharga 499 yuan (73 dolar Amerika atau sekitar Rp 950 ribu) di penjualan online China's big Singles' Day, Jumat (11/11) mendatang.

Seperti dilansir dari laman Mashable, Rabu (9/11), beberapa komentar mengomplain bahwa harganya terlalu mahal. Tetapi menurut Xiaomi, jika dibandingkan dengan mainan sandi modular lainnya di pasar, robot Xiaomi sangat kompetitif.

Fischer Price's Code-a-Pillar, misalnya, dijual seharga 49,99 dolar Amerika atau sekitar Rp 650 ribu untuk sebuah hardware yang lebih sederhana. Sedangkan robot Dash dari Wonder Workshop harga mulai 149,99 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,9 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement