Rabu 26 Oct 2016 12:44 WIB

Mengintip Perkembangan Ipod Sejak 15 Tahun Lalu

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Winda Destiana Putri
iPod
Foto: Mashable
iPod

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ipod kini tengah berusia 15 tahun. Konsep Steve Jobs saat meluncurkan iPod sebenarnya sangat ringkas, yakni 1000 lagu dalam format digital dalam peragkat seukuran kartu.

Seiring waktu berlalu, iPod menjelma menjadi perangkat musik popular dan bahkan terbuka untuk windows. Apple lantas terus mengembangkan iPod ke dalam berbagai model semisal Nano, Shuffle dan Touch.

Sayang, kepopuleran iPod kemudian memudar usai kemunculan iPhone pada 2007. Pengguna secara perlahan beralih menggunakan iPhone karena fitur pemutar musiknya sama persis dengan iPod.

Mengenang 15 tahun iPod, berikut perkembangan perangkat pemutar musik tersebut dari tahun ke tahun seperti dikutip Mashable, Selasa (25/10). Diluncurkan pada 23 oktober 2001 lalu, iPod original menjadi basis keseluruhan perangkat. Apple lantas mendesain ulang iPod pada 2003 dengan menambahkan 'clickwheel' pada perangkat tersebut.

Apple kemudian meluncurkan tiga generasi iPod baru satu tahun berikutnya, yakni iPod Mini, iPod generasi keempat dan iPod U2 edition. Terus dikembangkan, pada 2005 Apple memperkenalkan iPod Shuffle dan iPod Nano generasi pertama beriringan dengan iPod generasi kelima.

Dua tahun berlalu, Apple lantas meluncurkan iPod Touch generasi pertama yang dirilis tidak lama setelah iPhone. Pada tahun yang sama Apple juga meluncurkan iPod Classic dengan mengubah casing plastik ke alumunium dan kapasitas penyimpan hingga 160 GB.

Ipod Nano generasi kelima mulai diperkenalkan Apple pada 2009 yang dilengkapi video kamera dibanding generasi sebelumnya. Satu tahun kemudian, Apple merilis kembali iPod Touch dan Shuffle generasi keempat.

Pada 2012 lalu, Apple memperkenalkan iPod Nano generasi ketujuh dimana layar sentuh menjadi pembeda dengan generasi pendahulunya. Tiga tahun berlalu, Apple kemudian meluncurkan iPod Touch generasi keenam dengan meningkatkan prosesor A8 yang digunakan iPhone 6 kini.

Meskipun demikian, Apple kini sudah tidak lagi berfokus pada penjualan iPod. Raksasa teknologi asal Amerika itu lebih sering mengembangkan iPhone dan iPad sebagai ujung tanduk penjualan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement