Sabtu 22 Oct 2016 10:50 WIB

Sejumlah Situs Internet Amerika Diserang

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Hacker beraksi (Ilustrasi)
Hacker beraksi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sejumlah situs dunia maya, termasuk diantaranya adalah jejaring sosial seperti Twitter, Spotify, Reddit, Soundcloud dan Paypal terkena serangan siber. Seluruh perusahaan situs itu berlangganan dengan Dyn untuk membantu pengguna menemukan website dengan mudah.

Namun, pada Jumat (21/10), Dyn terkena dua serangan yang membuat situs pelanggan sulit dijangkau. Tidak jelas siapa pihak yang berada di balik serangan, serta alasan untuk melumpuhkan kinerja perusahaan online tersebut.

Selama lebih kurang dua jam, situs Reddit, Twitter, Etsy, Github, SoundCloud, Spotify dan banyak lainnya tidak bisa diakses oleh pengguna. Bahkan, termasuk ke salah satu media New York Times hingga Paypal.

Dyn menyampaikan informasi dalam situs resminya terkait insiden itu. Serangan siber itu dipastikan ditargetkan untuk Distributed Denial of Service (DDoS).  

Saat ini, FBI dan pihak keamanan dalam negeri AS tengah membantu penyelidikan kasus serangan siber tersebut. Segala kemungkinan dicari karena insiden kali ini menandai perubahan taktik serangan DDoS yang biasanya hanya ditujukan untuk satu situs.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement