Rabu 19 Oct 2016 12:36 WIB

Beli Tiket dan Pesan Hotel Pakai Asisten Pribadi

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Mister Aladin memudahkan pengguna merencanakan liburan.
Foto: Dok: Mister Aladin
Mister Aladin memudahkan pengguna merencanakan liburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umumnya aplikasi traveling memberikan layanan pembelian tiket atau pemesanan tempat penginapan. Namun biasanya konsumen membelinya secara self service, mulai dari mencari tiket harga termurah hingga promo penginapan.

Mister Aladin sebagai aplikasi industri pariwisata mencoba mengemas servis dengan cara berbeda. Bila konsumen sebelumnya harus melakukan pemesanan sendiri, Mister Aladin merupakan asisten pribadi digital bagi pelanggan.

Mister Aladin merupakan aplikasi yang berdiri sekitar satu tahun lalu. Awalnya bentuk layanan hanya berupa pemesanan penginapan saja pada destinasi kota-kota tujuan pariwisata.

Namun sejak awal tahun Mister Aladin melebarkan lini bisnis dengan penjualan tiket pesawat terbang ke destinasi Indonesia hingga mancanegara. Sebelumnya platform digital tersebut hanya dalam bentuk desktop saja. Tingginya minat wisatawan membuat platform akhirnya berkembang dalam bentuk aplikasi mobile. Dua minggu lalu aplikasi mobile Mister Aladin sudah bisa diunduh secara gratis melalui platform iOS dan Android. Sejauh ini total pengunduhnya baru mencapai 5 ribu unduhan.

Asisten pribadi digital Mister Aladin merupakan salah satu fitur layanan yang ada pada aplikasi mobile. "Sejauh ini belum ada aplikasi serupa yang menawarkan fitur personal asistant, kami yang pertama," kata Direktur Online Services Mister Aladin Nitha Sudewo dalam acara Travel Fair Mister Aladin beberapa waktu lalu di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Beberapa aplikasi jasa penjualan tiket dan pemesanan hotel memang memiliki customer service. Bentuknya masih secara personal melalui komunikasi telepon. Mister Aladin juga memiliki layanan serupa, hanya saja perusahaan merasa belum maksimal. Itu sebabnya membuat sebuah fitur pelayanan asisten pribadi digital bagi pelanggan akan memberikan servis maksimal.

Mister Aladin Personal Asistant merupakan sebuah fitur yang bisa ditemukan langsung dalam laman depan aplikasi. Pengguna cukup memilihnya, dan layar akan berubah ke dalam bentuk build in chat.

Pengguna bisa bertanya seputar hotel atau tiket dalam layar tersebut. Misalnya, pengguna bisa mengetik kata kunci tiket murah pada tanggal tertentu.

Secara otomatis Mister Aladin akan membalas obrolan dengan menawarkan tiket pesawat termurah yang ingin dipesan. Hal tersebut juga berlaku pada hotel. Mister Aladin akan memberikan referensi hotel termurah sesuai keinginan pelanggan. Asisten pribadi digital juga bisa ditanyakan seputar pelayanan di dalam aplikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement