Selasa 18 Oct 2016 17:08 WIB

3 Trik Unik di Facebook Messenger

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Facebook Messenger. Ilustrasi
Foto: Foxnews
Facebook Messenger. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walaupun aplikasi pesan lain bermunculan, sebagian besar teman dan keluarga agaknya masih menggunakan Facebook. Karena itu, komunikasi dan chat lewat FB Messenger masih jadi cara populer dalam kehidupan digital.

Sayangnya, tak ada manual khusus untuk menggunakan dan mengetahui seluk-beluk layanan perpesanan itu. Untuk membantu Anda beralih dari pemula menjadi pro, berikut tiga trik unik di FB Messenger, dilansir dari Fox News Selasa (18/10).

Jajak pendapat sederhana

Seberapa sering Anda mengirim pesan bolak-balik di grup Messenger hanya untuk menentukan waktu dan tempat janjian makan malam? Itu tak perlu terjadi lagi, karena ternyata Anda bisa melakukan semacam jajak pendapat di Messenger. Cara melakukannya, ketuk "Polls" saat menulis pesan, atau ketuk "More" dan pilih "Poll". Susun pertanyaan beserta kemungkinan jawaban, tekan "Submit", dan jajak pendapat ala Anda akan muncul dalam percakapan Messenger.

Mengirim dan menerima pesan rahasia

Fitur enkripsi end-to-end di FB Messenger adalah layanan serupa yang ada di WhatsApp. Secara teoritis, ini membuat peretas, pemerintah, operator telekomunikasi, bahkan Facebook sendiri mustahil membaca percakapan yang hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima pesan.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengetuk ikon "Me" dan mengaktifkan pilihan "Secret Conversations". Setelah diaktifkan, Anda dapat membuat pesan hilang pada waktu tertentu atau memilih berapa lama pesan akan bertahan sebelum menghilang.

Main gim bareng

Alih-alih bermain gim daring sendirian, lewat fitur ini Anda bisa bermain bersama teman atau anggota keluarga. Ada berbagai pilihan permainan seperti catur, basket, atau sepak bola daring.

Jika ingin bermain catur, pilih teman yang ingin ditantang dan ketikkan "@fbchess play" untuk memulai. Kalau penasaran menjajal basket, kirim emoji bola basket ke teman kemudian ketuk emoji di percakapan itu untuk memulai permainan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement