Rabu 05 Oct 2016 19:24 WIB

Yayasan SDM Iptek Anugerahi Habibie Award pada 4 Ilmuan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Winda Destiana Putri
BJ Habibie
Foto: REPUBLIKA
BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Pembinaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM Iptek) menganugerahi empat Habibie Award Periode Ke-18. Penghargaan tersebut ditujukan pada orang-orang yang dinilai berkontribusi pada pengembangan iptek dan kebudayaan di Indonesia.

"Yayasan SDM Iptek menganugerahkan Habibie Award pada empat ilmuan pada pengembangan iptek dan kebudayaan," kata Ketua Yayasan SDM Iptek, Wardiman Djojonegoro di Pendopo Habibie dan Ainun, Jakarta, Rabu (5/10).

Ia menjelaskan, ilmuan yang menerima penghargaan yakni, pertama, Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Hendra Gunawan. Ia mendapat anugerah di bidang Ilmu Dasar. Hendra merupakan inovator dalam area analisis fourier modern. Yakni, proses matematika yang memecahkan masalah bentuk gelombang kompleks dengan mengacu pada gelombang itu menjadi komponen sinusoidanya. Hendra juga dianggap sebagai matematikawan paling produktif.

Kedua, Raymond Rubianto Tjandrawinata dalam bidang ilmu kedokteran dan bioteknologi. Ia menemukan tujuh produk farmasi, empat gak paten dalam negeri dan 16 hak paten dari berbagai negara. Raymond pernah berkarir di berbagai instansi, seperti NASA Center dan Smith Kline Beecham Pharmaceutical.

Ketiga, Habibie Award diberikan pada Tommy Firman yang berprestasi dalam bidang ilmu rekayasa. Ia merupakan Guru Besar Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Keempat, anugerah Habibie Award diberikan pada Sapardi Djoko Damono yang dinilai berperan dalam bidang Ilmu Kebudayaan. Ia aktif menervitkan buku sejak 1957. Beberapa karya yang populer yakni, Hujan Bulan Juni, Duka Mu Abadi, Bilang Begini Maksudnya Begitu, Sihir Rendra Permainan Makna, Sastra Bandingan, Puisi Indonesia Sebelum Kemerdekaan, Sastra Indonesia Modern Beberapa Catatan. Wardiman mengatakan, keempat sosok yang mendapat Habibie Award masing-masing juga menerima hadiah sebesar 25 ribu dolar AS, sertifikat dan medali.

Habibie Award, ia menjelaskan, diberikan pada orang-orang yang dinilai sangatbaktif dan berjasa besar dalam menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan berbagai kegiatanbIptek. Serta, bermanfaat secara berarti bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan dan perdamain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement