REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan jaringan transportasi Uber telah dua tahun mempertahankan eksistensinya di Indonesia. Chan Park, General Manager Uber Southeast Asia mengatakan, Uber berencana melakukan ekspansi bisnis yang lebih luas.
"Ekspansi tersebut tidak hanya pada ranah geografis, tapi juga dalam hal peningkatan kualitas produk dan fitur," ungkap Park saat konferensi pers #Uberdua di Jakarta, Kamis (29/9).
Uber yang kini tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali bakal dikembangkan ke kota besar lain. Bahkan, kata Park, dalam waktu dekat Uber juga bakal menjangkau mitra pengemudi dan penumpang di pulau selain Jawa dan Bali.
Ia menjelaskan, sejak peluncuran dua tahun lalu Uber masih tetap mengusung ide sederhana yang sama. Konsep itu adalah membantu masyarakat mendapatkan pilihan mobilitas yang aman, nyaman, dan andal hanya dengan menekan satu tombol.
Namun, kata Park, Uber terus berupaya mengembangkan inovasi di ranah fitur dan produk. Berbagai fitur digagas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan mitra pengemudi sekaligus pelanggan Uber di seluruh Indonesia.
Selain menghadirkan uberMOTOR sejak April 2016, ucapnya, ada uberPOOL yang sudah hadir di Jakarta sejak bulan Mei 2016. Layanan itu memungkinkan para pengguna dari area berdekatan yang memiliki tujuan yang searah untuk berbagi kendaraan alias ridesharing sehingga mengurangi jumlah mobil yang beroperasi di jalan.
"Berdasarkan perhitungan kami, ada 21.576 liter jumlah bahan bakar yang berhasil dihemat dari perjalanan uberPOOL pada periode Juli 2016 saja," tutur penerima gelar sarjana BA dalam Mathematics and Economics dari Dartmouth College itu.