Senin 26 Sep 2016 11:18 WIB

Fakta Mengejutkan Tentang Cuaca (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Cuaca. Ilustrasi
Foto: Independent
Cuaca. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca memiliki dua sisi, baik dan buruk. Hari tak selamanya indah dan bisa dinikmati, kadang ada musim panas, dingin, bahkan, gugur dan semi.

Cuaca di sisi lain memiliki sejumlah fakta yang spektakuler. Beberapa di antaranya mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari Unrealfacst, Senin (26/9).

Celcius dan fahrenheit bertemu di minus 40 derajat.

Derajat suhu celcius dan fahrenheit biasanya jauh berbeda. Tapi, ada suhu dimana keduanya bisa berada dalam satu garis sempurna, yaitu minus (-) 40derajat celcius sama dengan -40 derajat fahrenheit.

Suhu terdingin yang pernah tercatat

Apakah Anda pernah bertanya mengenai berapa suhu terdingin sesungguhnya? Nah, suhu terdingin yang pernah tercatat di Bumi adalah pembekuan mutlak, -89,6 derajat celcius pada 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok, Antartika.

Badai salju umumnya terjadi di Amerika

Badai salju adalah badai di mana sejumlah besar salju turun. Salju lebih kecil massa jenisnya daripada air yang dalam keadaan cair (likuid).

Amerika Serikat sudah umum menghadapi badai salju di mana rata-rata terjadi 105 kali badai salju per tahun. Badai ini biasanya berlangsung dua hingga lima hari dan meliputi beberapa negara bagian. Badai ini terjadi relatif sering terjadi di musim dingin.

Hujan salju terbesar

Setiap hari salju turun di sejumlah negara di dunia. Namun, hujan salju terbesar yang pernah tercatat adalah di Mt Rainier, Washington, Amerika Serikat. Sekitar 30 meter atau 98 kaki salju turun sekaligus pada musim dingin 1972.

Kepingan salju terbesar

Anda mungkin berpikir salju itu turun dalam bentuk butiran-butiran kecil. Tahukah Anda? Kepingan salju terbesar yang pernah tercatat adalah sepanjang 38 sentimeter (cm) dan tebal 20 cm. Kepingan salju itu jatuh di Fort Keogh, Montana, Amerika Serikat pada 28 Januari 1887.

(Bersambung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement