Senin 26 Sep 2016 04:24 WIB

Presiden Xi Jinping Puji Pengoperasian Teleskop Radio Cina

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Israr Itah
Xi Jinping
Foto: REUTERS/Lintao Zhang
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, GUIYANG -- Presiden Cina Xi Jinping mengirimkan ucapan selamat kepada para ilmuwan dan teknisi atas beroperasinya teleskop radio terbesar di dunia yang mulai beroperasi di Provinsi Guizhou pada Ahad (25/9) ini.

Upacara peluncuran Teleskop Sferikal Aperture Lima Ratus Meter (FAST) ini digelar di Daerah Pingtang, Guizhou. FAST yang dijuluki 'Mata Surga Milik Cina' ini merupakan teleskop radio terbesar dan paling sensitif di dunia. Cina memegang hak kekayaan intelektual atas teleskop ini, demikian dilansir Xinhua, Ahad (25/9).

Xi juga meminta para peneliti  untuk erus berinovasi dan membawa Cina jadi yang terdepan dalam sains. Xi juga berpesan astronomi juga penting dalam menstrimulus pekembangan sains dan inovasi. 

Ia berharap para ilmuwan dan teknisi teleskop ini bisa menghasilkan penelitian yang sukses. Ia juga menggantungkan harapan agar para saintis bisa berkontribusi lebih besar bagi Cina agar menjadi negara inovatif dan memegang kekuatan sains dunia.

Wakil Perdana Menteri Cina Liu Yandong yang membacakan surat dari Presiden Xi dalam upacara peluncuran itu, mendorong agar mereka yang berbakat bisa dikumpulkan dan membuat FAST sebagai pusat riset kelas dunia. Liu mengajak para saintis untuk mengangkat level bidang ilmu astronomi Cina.

Salah satu tugas FAST adalah melakukan survei hidrogen netral di angkasa dan melacak serta berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa. Proyek pengoperasian FAST sudah dimulai sejak 2011 lalu. Pemasangan instalasi utama teleskop baru selesai pada awal Juli lalu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement