Jumat 23 Sep 2016 11:11 WIB

Adidas Ciptakan Sepatu Buatan Robot

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Logo Adidas
Foto: Adidas
Logo Adidas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Janji Adidas ternyata bukan janji palsu. Tahun lalu Adidas mengumumkan rencana membuat pabrik robot.

Para robot pekerja akan menggantikan tangan manusia membuat sepatu. Pabrik berlokasi di Jerman, dan kini sudah beroperasi. Selanjutnya pabrik robot akan segera dibangung di Amerika Serikat (AS).

Robot-robot pekerja bertugas membuat sepatu yang akhirnya diberi nama Futurecraft M.F.G. Jenis sepatu buatan robot tersebut mengandalkan sol licin atay dikenal dengan sleek model. Sepatu lari Futurecraft akan menjadi trademark primeknit, seperti model Kanye West's Yeezy 350s. Jadi, bisa dipastikan buatan robot ini akan menjadi salah satu seri premium Adidas.

Seri Futurecraft dibuat berdasarkan riset kenyamanan. Adidas sangat memperhatikan material untuk kenyamanan kulit, tulang, serta otot. Meski robot mengerjakan hampir seluruh pembuatannya, peran manusia tetap tak bisa diabaikan. Dalam proses manufacturing pekerja manusia dibutuhkan sebagai pengawas. Pekerja akan mengawasi mesin robot melalui video.

Adidas memastikan, tiap pasang sepatu dibuat menggunakan dengan material berkelas tinggi. Bahkan desainnya juga hampir menyerupai 3D panting shoes yang sudah tenar sebelumnya. Sementara label M.F.G akan menjadi pertanda bahwa sepatu dibuat di Jerman. Singkatan tersebut merupakan lambang dari 'Made for Germany'.

Futurecraft akan segera rilis beberapa bulan mendatang. Sementara ini sepatu belum dipasarkan di luar Jerman. Harganya berapa, ya? Tahan napas dulu. Sementara Adidas hanya memroduksi 500 pasang saja, dan harganya masih disclosed. Sabar ya!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement