Selasa 20 Sep 2016 12:00 WIB

Ini Alasan Timbulnya Rasa Sakit Saat Menggigit Kertas Aluminium Foil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Gigi (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Gigi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengapa menggigit kertas aluminium foil bisa menimbulkan rasa sakit? Anehnya rasa sakit itu  seperti disengat listrik.

Skenario berikut bisa menjelaskannya. Anda dan teman Anda baru saja diminta untuk menggigit atau mengunyah selembar kertas timah. Anda mungkin tidak merasakan rasa sakit itu, namun teman Anda tiba-tiba merasakannya. Bagamana bisa ada perbedaan antara keduanya?

Rasa sakit menggigit kertas aluminium foil hanya dialami oleh mereka yang mempunyai gigi yang sudah pernah ditambal. Ya, jawabannya adalah logam dan timah. Orang yang giginya pernah ditambal akan merasakan sakit.

Ketika Anda menggigit aluminium foil, ada gaya antara dua logam berbeda. Logam bercampur dengan mulut lembab dan asin menghasilkan reaksi elektrokimia dan memicu aliran listrik di gigi.

Dilansir dari Unrealfacts, Selasa (20/9), sengatan listrik itu kemudian berlanjut ke saraf. Saraf mendapat kejutan kemudian mengirimkan sensasi rasa sakitnya ke otak. Oleh sebab itu Anda bisa merasakannya.

Anda yang tidak merasakan sakit saat menggigit aluminium foil karena gigi Anda masih bagus, artinya tidak pernah ditambal. Pada dasarnya, jika mulut Anda dalam kondisi sempurna dan belum pernah disentuh dokter gigi, maka Anda tidak akan merasakan sakit saat menggigit aluminium foil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement