Selasa 13 Sep 2016 15:05 WIB

Instagram Adang Hinaan di Kolom Komentar

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Instagram. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Instagram. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instragram telah mengambil langkah penting dalam memerangi troll atau kata-kata hinaan di internet. Melalui satu pengaturan khusus, kata-kata yang tidak inginkan akan hilang dalam kolom komentar.

"Sekarang, ketika Anda menekan ikon roda gigi di profil, Anda akan menemukan fitur komentar baru," kata CEO & Co-founder Instagram Kevin Systrom dikutip dari Dailymail, Selasa (13/9).

Fitur pintar tersebut membuat pengguna dapat menyesuaikan komentar yang singgah di akun mereka. Kata-kata yang dianggap tidak laik akan secara otomatis tidak dapat muncul.

Pemilik akun dapat menyetel kata-kata yang tidak sesuai dengan keinginannya untuk tidak terlihat. Setelah pengaturan "Sembunyikan Komentar yang Tidak Pantas" diaktifkan, pengguna akun juga bisa secara khusus memasukan kata-kata yang akan terhapus di kolom komentar.

"Untuk memberdayakan setiap individu, kita perlu untuk mempromosikan budaya di mana semua orang merasa aman untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa kritik atau pelecehan. Ini bukan hanya keinginan pribadi saya untuk melakukan hal ini, saya percaya itu juga tanggung jawab kita sebagai perusahaan,"  kata Systrom.

 

Systrom menjelaskan, jika Instagram merupakan tempat di mana semua orang dari latar belakang berbeda dapat berkumpul. Profil akunnya merupakan rumah yang dijaga, tapi tidak dipungkiri sering kali ada saja orang-orang yang berkata-kata kasar untuk memebuat rumah itu tidak nyaman.

Meski sebelumnya Instagram telah merilis fitur yang bisa menghapus komentar, termasuk melaporkan komentar yang tidak sesuai dengan keinginan. ternyata itu saja tidak cukup membuat pengguna merasa nyaman dan aman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement