Ahad 21 Aug 2016 08:24 WIB

Windows 10 Hadirkan Windows Ink Workspace

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri
Windows 10 siap sambut industri kreatif
Foto: MGROL73
Windows 10 siap sambut industri kreatif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan bantu tingkatkan produktivitas pelaku industri kreatif di tanah air, Windows 10 hadirkan fitur anyar sebagai bagian dari Windows 10 Annicersary Update. Fitur anyar tersebut adalah Windows Ink Workspace.

Windows Ink Workspace memiliki fitur-fitur layanan mobile interaktif untuk para pelaku industri kreatif dalam mengimplementasikan ide secara langsung tanpa batasan waktu dan tempat. Fitur layanan di dalam Windows Ink Workspace di anataranya, Sticky Notes, Sketchpad, dan Screen Sketch.

Sticky Notes terbaru yang dihadirkan Microsoft pada Windows 10 tentu berbeda dengan Sticky Notes yang ada pada OS lamanya. Sticky Notes teranyar tersebut diklaim lebih pintar, moderen, dan terkoneksi langsung dengan search engine pada perangkat Windows 10.

Seperti yang dikatakan Faza Meonk, komikus Indonesia yang menciptakan komik Si Juki, mengaku dimudahkan dengan perbaruan sistem Sticky Notes yang langsung terintegrasi dengan internet tersebut. Ia hanya tingggal menuliskan kata kunci pada Sticky Notes, maka fitur tersebut akan membaca tulisan yang akan terkoneksi langsung ke Microsoft Edge.

Tidak hanya Sticky Notes, Sketchpad yang ada pada Windows 10 juga memudahkan pengguna untuk menulis atau menggambar di atas perangkat menggunakan pena stylus bagi perangkat touchscreen atau mouse dan keyboard untuk non-touchscreen.

"Dengan menggunakan Sketcpad, saya dapat mengurangi satu tahapan menggambar di kertas. Selain itu saya juga tak perlu takut kehilangan gambar karena bisa langsung saya simpan di OneDrive, yang memungkinkan saya membuat sketsa dimana saja dan kapan saja," tangkas Faza, saat ikut hadir dalam acara Windows 10 Anniversary Update, belum lama ini.

Sementara itu, fitur Screen Sketch yang tersemat pada Windows Ink Workspace juga mampu memudahkan pengguna untuk menulis di Web secara efektif. Pengguna dapat langsung mencorat-coret isi web yang ia temui.

Hal tersebut dapat memudahkan pengguna yang merasa ada konteks yang tak pas atau pantas untuk dibagikan, pengguna tinggal corat-coret bagian yang perlu dikoreksi atau dibagikan tanpa perlu menulis ulang. Kemudahan Screen Sketch tersebut juga diamini seorang perancang busana yang sukses mendirikan startup bernama Cloth Inc, Julian Tanoto.

"Saat membuka situs fesyen, saya tinggal menggunakan fitur Screen Sketch untuk langsung menulis atau mencorat-coret di atas web yang tengah saya kunjungi," ujarnya di acara yang sama.

MGROL73

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement