Ahad 07 Aug 2016 07:59 WIB

Arkeolog Temukan Bekas Perapian Berusia 12.300 Tahun

Tim dilatih mencari artefak.
Foto: Standard.net via AP
Tim dilatih mencari artefak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah perapian kuno dengan alat ujung tombak dan biji tembakau ditemukan di Utah. Perapian ini diperkirakan berusia 12.300 tahun dan ditemuakan di berbagai lokasi militer di bagian utara Utah.

Selanjutnya, artefak ini akan disimpan di Natural Histoty Museum di Utah di Salt Lake City. "Anda mendapatkan gambaran yang nyata dari sejarah negeri ini. Kita telah mencari ini selama bertahun-tahun," ujar arkeolog Anya Kitterman, dilansir dari AP.

Situs ini ditemukan sekitar satu tahun yang lalu setelah adanya perkiraan bahwa daerah tersebut memiliki potensi dumber daya yang signifikan di bidang akreologi. Tim mensurvey antara 4-8 mil persegi dan mendapatkan berbagai pelatihan setiap tahunnya hingga akhirnya mendapatkan artefak ini.

Barbara Fisher, kepala kantor Hills Enviromental Public Affair mengatakan pangkalan militer telah berkonsultasi dengan 21 suku asli Amerika tentang temuan ini.

Arkolog Senior Daron Duke mengatakan artefak ini merupakan sisa-sisa dari alat yang digunakan oleh penduduk awal Great Basin. Great Basin adalah wilayah besar penduduk sekitaran sungai yang mencakup banyak wilayah seperti Nevada, beberapa bagian dari Utah Oregon, Idaho, Wyoming dan Kalifornia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement