Sabtu 23 Jul 2016 18:55 WIB

Bermain Mario Kart Tingkatkan Kemampuan Mengemudi

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri
Mario Kart. Ilustrasi
Foto: Digitaltrends
Mario Kart. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain gim daripada melakukan aktifitas dalam lingkungan sosial, sering disalahkan dalam setiap penyebab masalah yang terjadi pada remaja.

Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bermain gim konsol selama berjam-jam dapat memberikan dampak positif.

Menurut studi tersebut, bermain video games kategori aksi seperti Mario Kart dapat benar-benar meningkatkan kemampuan dalam dunia nyata, seperti mengemudi.

Menghabiskan waktu untuk mengasah kemampuan mereka dalam video gim dapat meningkatkan kemampuan pemainnya dalam mengkordinasikan informasi visual dengan kepiawaian mengemudi, atau yang sering disebut sebagai kordinasi hand-eye.

Hal tersebut dapat menjadi vital dalam dunia nyata, gim itu terbilang membantu para pengemudi untuk bereaksi lebih cepat ketika ada masalah, dan lebih siap dalam menghadapi risiko dan bahaya.

Studi dari para peneliti di New York, Universitas Shanghai dan Universitas Hong Kong mengatakan, gim komputer tersebut mampu digunakan untuk melatih para pengemudi pemulla untuk terjun langsung di jalanan.

Para peneliti sebelumnya melakukan perbandingan antara gamers yang memiliki pengalaman dalam bermain gim aksi dengan orang yang memiliki waktu terbatas untuk bermain gim. Gamers pengalamam sendiri merupakan orang yang memiliki jadwal bermain gim sebatas lima jam sehari.

Hasil menunjukkan, gamers pengalaman memiliki kemampuan lebih baik dalam kehidupan nyata dibanding para orang yang tak berpengalaman bermain gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement