Sabtu 23 Jul 2016 08:30 WIB

Rumus Ini Hitung Kemungkinan Trump Contek Pidato Michelle Obama

Melania Trump dan Michelle Obama.
Foto: Fox via Science Alert
Melania Trump dan Michelle Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, publik dunia dihebohkan dengan tudingan Melania Trump, istri calon presiden AS Donald Trump yang dituding mencontek pidato istri Barack Obama dalam konvensi nasional Partai Republik. Rupanya, fenomena tersebut mengundang minat untuk menghitung kemungkinan Melania mencontek melalui pedekatan Matematika.

Seorang Fisikawan Kanada menghitung hanya ada satu dari 87 miliar kemungkinan yang menyebutkan Melania Trump tidak terpengaruh oleh pidato Michelle Obama. Robert Rutledge, seorang profesor fisika dari McGill University di Montreal menghitung kemungkinan 'plagiarisme' Melania ini dengan sebuah rumus sederhana. Dia menggunakan prinsip permutasi.

Untuk memulai penghitungan kemungkinan ini, dia mengambil 14 frase yang berbeda yang digunakan oleh dua pidato milik Melania dan Michelle. Frase-frase yang diambil merupakan frease-frase umum. Pertanyaan Rutledge adalah apakah ada kemungkinan Melania Trump secara acak akan meletakkan kata-kata tersebut sama persis seperti yang diucapkan Michelle pada tahun 2008 lalu?

Untuk mencari tahu itu, dia menghitung semua permutasi yang mungkin dari semua frase yang ada, lalu mengalikannya dengan 13 frase lain yang kemungkinan bisa diucapkan setelah itu. Permutasi ini memberikan sejumlah pilihan yang ada hanya dua frase yang akan diucapkan dalam urutan yang sama selama dua kali.

Profesor menyebut, ketika kalimat yang diambil adalah frasa umum, akan didapatkan rumus 14 * 13 * 12 * 11 * 10 * 9 * 8 * 7 * 6 * 5 * 4 * 3 * 2 * 1 yang bisa mewakili kemungkinan urutan frasa umum dari dua pidato, yaitu milik Melania dan Michelle.

"Menurut perhitungan ini, ada total sekitar 87 miliar permutasi yang berbeda dari 14 frase itu," ujar Rutledge melalui akun Facebooknya, dilansir dari laman Science Alert.

Rumus ini tidak memperhitungkan berapa banyak kemungkinan permutasi dari frase ini yang memperhitungkan faktor jenis pidato politik. Seharusnya, faktor jenis pidato politik merupakan faktor penting untuk diperhitungkan untuk menghitung kemungkinan plagiarisme. Namun, menurut dia, dalam sudut pandang Matematika murni, secara sederhana dia mengatakan sangat mungkin Melania 'terinspirasi' dari pidato Michelle Obama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement