Jumat 08 Jul 2016 08:41 WIB

Trafik Data Telkomsel Melonjak 78 Persen

Logo Telkomsel.
Foto: blogspot.com
Logo Telkomsel.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG  --  Trafik data Telkomsel mencatat kenaikan cukup bombastis. Tercatat lonjakan trafik lebih dari 78 persen pada satu hari menjelang Lebaran 2016.

"Sedangkan pada hari Lebaran, kenaikan mencapai 75 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015," kata Vice President Corporate Communications Adita Irawati dalam siaran pers yang diterima, Jumat (8/7).

Adita menyebutkan, trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di area Jawa-Bali (diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata, dimana pengunaan data di area ini menembus angka 771 TB (Terabyte) saat momen H-1 Lebaran.

Adapun area yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 adalah Sumatera, dimana kenaikan terpantau hingga lebih dari 89 persen menjadi sekitar 665 TB (Terabyte) saat momen H-1 Lebaran.

Adita menyampaikan penjelasan lengkap tentang trafik Telkomsel saat momen Lebaran 2016, yakni trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 78 persen menjadi sekitar 2.700 TB (Terabyte), dimana angka ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2015.

"Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17 persen," kata Adita.

Kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari Lebaran, yaitu sekitar 75 persen menembus angka lebih dari 2.500 TB (Terabyte). Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, angka trafik data ini naik sekitar 12 persen.

Penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik seperti exit tol Kaliangsa, exit tol Pejagan, Terminal Wates (Yogyakarta), dan Pelabuhan Lamijung (Nunukan).

Begitu pula dengan lokasi-lokasi wisata, seperti Jam Gadang (Bukittinggi), Berastagi, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (puncak). Kemudian, layanan suara dan SMS di momen Lebaran ini tercatat cenderung stagnan.

Layanan suara mengalami penurunan sebesar 4 persen di hari Lebaran menjadi sekitar 1,5 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2016. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1 persen di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Sebelumnya, Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement