REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei terbaru menunjukan 81 persen pengguna mobile internet di Indonesia mengunjungi situs belanja online melalui gawai mereka di Ramadhan tahun ini. Survei dilakukan Alibaba Group, UC Browser, menyebutkan setidaknya satu kali dalam empat minggu terakhir, dan setengah dari responden menengok website ecommerce lebih dari tiga kali per hari.
"Traffic ke situs B2C seperti Lazada dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadan ini," kata Kenny Ye, GM of Global Markets Alibaba mobile business group, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/6).
"Tiga faktor utamanya adalah 'diskon besar', 'situs belanja yang terpercaya' dan 'pembayaran yang aman'," sambung dia.
Berdasarkan survei UC Browser, 83 persen dari online shopper mulai berselancar ke situs online shopping sebelum minggu ketiga dan juga minggu terakhir bulan Ramadhan yang mana biasanya mal-mal menggelar night sale.
Di antara berbagai platform e-commerce, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak menjadi tiga situs belanja online yang paling populer di kalangan responden pada bulan Ramadhan ini.