Rabu 22 Jun 2016 23:01 WIB

Blibli.com Serius Bangun Ekosistem E-Commerce

Gudang Blibli.com di Jakarta.
Gudang Blibli.com di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blibli.com serius membangun ekosistem e-commerce dalam upayanya menghadirkan end to end solution bagi para online shoppers. Salah satunya dengan mengembangkan sistem otomatisasi pergudangan.

"Kami tidak hanya concern pada front end solution, tapi juga back-end-nya. Karena kami percaya bahwa jaminan kualitas harus didukung sistem terintegrasi, mulai dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging (pengemasan), hingga pengiriman barang yang tepat waktu," kata CEO Blibli.com, Kusumo Martanto di Jakarta, Rabu (22/6).

E-commerce disebutnya lebih dari sekadar berjualan secara online, melainkan tentang bagaimana membuat ekosistem yang aman dan nyaman untuk seluruh stake holder belanja online. ''Untuk itu, kami fokus menghadirkan value ke dalam e-commerce," jelas Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Blibli.com melengkapi ekosistem e-commerce-nya dengan sistem pergudangan modern dan layanan ekspedisi Blibli express. Hingga saat ini, ada tiga warehouse atau gudang penyimpanan barang di Jakarta, yakni di Cawang, Cakung, dan Batu Ceper, dengan total  area seluas16.000 m2. Blibli.com juga tengah menyiapkan 6 gudang tambahan dengan total area seluas 200.000 m2, lengkap dengan 200 fullfilment center.

''Sistem pergudangan Blibli.com terintegrasi dengan semua barang yang masuk dan keluar dapat terdata dengan rapih. Semuanya terintegrasi dengan online database, sehingga stock barang, mulai dari jumlah, jenis hingga lokasi penempatan di dalam gudang terdata secara  real-time,'' paparnya.

Mengandalkan sistem kontrol yang rapih dan modern inilah, Blibli.com bisa menekan angka kesalahan dalam processing order, mulai dari proses pemesanan, sinkronisasi stock, QC, packaging hingga pengiriman barang.

"Sistem pergudangan yang kami punya menaungi semua alur proses, mulai dari saat kali pertama barang masuk(inbound), tahapan QC, penyimpanan, processing order, packaging, hingga barang siap dikirim(outbond) melalui Blibli Express maupun partner ekspedisi Blibli.com, " jelas Kusumo Martanto.

Lebih lanjut, Kusumo menyebut bahwa sistem pergudangan Blibli.com di desain untuk mengotomatisasi alur proses. Semua proses dilakukan menggunakan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem. Sehingga lebih efisien dan almost zero mistake.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement