Sabtu 18 Jun 2016 11:39 WIB

Daun Beluntas Berpotensi Cegah Kerusakan Hati

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Winda Destiana Putri
Hati (Ilustrasi)
Hati (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Perubahan gaya hidup dan pola makan masyarakat dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit hati.

Padahal tidak hanya berperan penting dalam metabolisme dan penguraian zat yang bersifat toksik, hati juga memiliki peran dalam reaksi biokimia.

Berbagai kerusakan pada hati dapat mengakibatkan berbagai penyakit, seperti hepatitis, cholestasis, steatosis, dan granuloma. Berangkat dari hal tersebut lima mahasiswa Fakultas Farmasi UGM mencoba menggali solusi atas persoalan tersebut.

Mereka adalah Akhmad Esakta, Anissa Nugraheni, Avinda Kumalasari, Jeanette Aline Sarumaha dan Siti Hartinah. Mereka meneliti daun beluntas (Pluchea indica L) yang diduga berpotensi sebagai agen hepatoprotektor.

"Daun beluntas mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun," kata Akhmad, Jum’at (17/6).

Ia menjelaskan, dalam daun beluntas terdapat senyawa myricetin, quercetin, dan kaemferol yang termasuk dalam golongan flavonoid. Senyawa ini dapat berinteraksi dengan reseptor enzim CYP P450. Interaksi ini dapat menghambat terbentuknya metabolit toksik, misalnya pada metabolit toksik paracetamol.

Penelitian terhadap daun beluntas ini dilakukan kurang lebih empat bulan, dengan betujuan mengetahui efek hepatoprotektor. Pengamatan dilakukan melalui histopatologi hati SGPT, dan SGOT pada tikus jantan galur Wistar.

Selain itu mereka mengamati interaksi antara senyawa myricetin, kaempferol, dan quercetin dengan reseptor enzim CYP P450 melalui molecular docking. Sehingga memperoleh Score Docking, RMSD, serta visualisasi ikatan antara Protein Enzim CYP2E1 dengan ketiga ligand aktif tersebut.

Adapun untuk menguji kandungan senyawa quersetin dalam ekstrak daun beluntas dilakukan melalui uji Kromatografi Lapis Tipis ( KLT).

"Hasilnya menunjukkan, daun beluntas dapat mencegah timbulnya kerusakan hati pada hewan percobaan," ujar Akhmad.

Ia mengatakan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat daun beluntas bagi kesehatan.

Terutama dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Daun beluntas dapat menjadi alternatif dalam upaya mencegah kerusakan hati akibat racun dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement