Jumat 17 Jun 2016 08:17 WIB

Google Buka Pusat Data di Irlandia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Raksasa internet AS, Google, membuka pusat data baru senilai 150 juta euro (168 juta dolar AS) di Dublin barat, Kamis (16/6), sehingga total investasinya dalam aset modal di Irlandia mencapai lebih dari 750 juta euro.

Pusat data bertingkat dua yang baru di Clondalkin, menampung komputer yang menjalankan layanan seperti mesin pencari Google, Gmail dan Google Maps, dibangun di samping pusat data Google yang telah ada, yang dibuka pada 2012.

Ini adalah investasi pusat data utama kedua Google di Irlandia, dan tambahan terbaru untuk armada fasilitas komputasi awan hemat energi global Google. Perusahaan ini mempekerjakan 3.000 orang secara langsung dan sekitar 3.000 orang dalam posisi dikontrak, membawa total lapangan kerja pada situs Google Irlandia menjadi 6.000, meningkat 20 persen pada tahun lalu.

Berbicara pada acara tersebut, Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny mengatakan pembukaan pusat data baru ini membuka "babak baru" dalam sejarah Google di Irlandia. "Dengan jumlah orang yang dipekerjakan oleh Google sekarang melebihi 6.000, perusahaan merupakan pemimpin yang fantastis dalam komunitas digital Irlandia," kata Kenny.

Dia mengatakan, prioritas pemerintahnya adalah untuk membuat Irlandia lokasi yang lebih kompetitif untuk investasi baru dan penciptaan lapangan kerja, menambahkan bahwa pembangunan berkelanjutan dari industri digital Irlandia adalah bagian penting dari rencana itu. Google pertama kali tiba di sini pada 2003. Sekarang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Irlandia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement